Jurnal Bahusacca
Vol. 1 No. 2 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Novel Materi Empat Peristiwa Agung Di Sekolah Menengah Pertama

Handi Tri Hermawan (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)
Hesti Sadtyadi (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)
Hariyanto Hariyanto (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis visual novel pada materi Empat Peristiwa Agung di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian dan pengembangan atau Research and Develepment (R&D) ini yang diadaptasi dari model pengembangan Brog dan Gall dengan menyederhanakan menjadi 7 tahap pengembangan. Uji kelayakan dilakukan tiga pengguna materi oleh guru pendidikan Agama Buddha dan dua ahli media oleh dosen STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Visual Novel materi Empat Peristiwa Agung Di Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh nilai validitas dan reliabilitas 0,61, sehingga dinyatakan valid dan reliabel. Selanjutnya penilaian ahli media diperoleh nilai validitas dan reliabilitas 0,79 sehingga dinyatakan valid dan reliabel. Respon siswa terhadap media menunjukan bahwa bahan ajar berupa Livin Maker 2 sangat diminati siswa. Sehingga media pembelajaran berbasis Visual Novel pada materi Empat Peristiwa Agung sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BAHUSACCA

Publisher

Subject

Education Other

Description

BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen ...