cover
Contact Name
Tri Suyatno
Contact Email
Trisuyatno@radenwijaya.ac.id
Phone
+6282242558496
Journal Mail Official
Trisuyatno@radenwijaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Kantil, Bulusari, Bulusulur, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57615
Location
Kab. wonogiri,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Bahusacca
ISSN : -     EISSN : 27463397     DOI : -
Core Subject : Education,
BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 48 Documents
Pengaruh Pemberian Tugas Pekerjaan Rumah dan Ketersediaan Waktu Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Di SMP Negeri 2 Kaloran Kab Temanggung Tahun Ajaran 2017/2018 Heri Sujarwo; Hesti Sadtyadi; Sujiono Sujiono
JURNAL BAHUSACCA Vol. 1 No. 1 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) dan ketersediaan waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expost facto yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung pada bulan Februari - Juli 2018. Populasi dari penelitian ini adalah siswa beragama Buddha yang berjumlah 62 siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) adanya pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung dengan besar 0,332; 2) adanya pengaruh ketersediaan waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung dengan besar 0,652; 3) adanya pengaruh pemberian tugas pekerjaan rumah (PR) dan ketersediaan waktu belajar terhadap prestasi belajar siswa beragama Buddha di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung sebesar 29,9%.
Pengaruh Beasiswa Bidikmisi Dan Gaya Mengajar Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri Sutiah Sutiah; Mujiyanto Mujiyanto; Ngadat Ngadat
JURNAL BAHUSACCA Vol. 1 No. 1 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar pengaruh beasiswa bidikmisi terhadap motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya. (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya. (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh beasiswa bidikmisi dan gaya mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Populasi pada penelitian ini adalah 136 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dari mahasiswa semester 4-8. Teknik dan istrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, sedangkan pada analisis data menggunakan Regresi Berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh beasiswa bidikmisi terhadap motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri sebesar 0,127. Pengaruh gaya mengajar dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri sebesar 0,131. Sedangkan pengaruh beasiswa bidikmisi dan gaya mengajar dosen secara simultan terhadap motivasi belajar mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri sebesar 45,168. Kata kunci: beasiswa bidikmisi, gaya mengajar dosen , motivasi belajar. ABSTRACT The aims of this research are: (1) To find out how much the influences of Bidikmisi scholarship to students’ learning motivation at Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya; and (2) To find out how much the influences of lecturers’ teaching style to students’ learning motivation at Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya. And (3) to find out how many the influences of Bidikmisi scholarship and lecturer’s teaching style to students learning motivation at Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya. This study was a quantitative study through an ex post facto. The sampling technique through Simple Random Sampling. The populations of this study were 136 students, all of students are have Bidikmisi scholarship; they are students in 4-8 term. Data collection technique use questionnaires. The techniques of analysis data was use linear regression. Based on the result and data analysis show that: there are influences of Bidikmisi scholarship to students’ learning motivation at Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri is 0,127. The influence of Lecturers’ teaching style to students’ learning motivation at Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri is 0,131. Beside that the influences of Bidikmisi Scholarship and lecturers’ teaching style to students’ learning motivation at Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya is 45.168. Keywords: Bidikmisi scholarship, lecturers’ teaching style, learning motivation.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Komitmen Kepala Sekolah Terhadap Produktivitas Guru MA Ronggowarsito Ponorogo Mella Mardayanti; Kaukabilla Kaukabilla
JURNAL BAHUSACCA Vol. 1 No. 1 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam rangka mencapai visi, misi dan mandat organisasi sekolah, Gaya kepemimpinan dan Komitmen kepala sekolah sangat penting dalam menangani isu-isu strategis dalam organisasi yang dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh (1) gaya kepemimpinan (2) komitmen, (3) produktivitas guru di MA Ronggowarsito Ponorogo. Penelitian kuantitatif ini menggunakan teknik analisis data. Kuesioner disampel ke total 36 guru di MA Ronggowarsito Ponorogo menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada pengaruh positif antara gaya kepemimpinan dan produktivitas guru di sekolah. Kedua, ada efek positif antara komitmen dan produktivitas guru di sekolah. Ketiga, ada efek positif antara gaya kepemimpinan dan komitmen di MA Ronggowarsito Ponorogo
Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Narsih Narsih; Hariyanto Hariyanto; Sujiono Sujiono
JURNAL BAHUSACCA Vol. 1 No. 1 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMP Smaratungga Ampel. Penelitian dilakukan di SMP Smaratungga Ampel dan merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost-facto. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan angket kepada siswa beragama Buddha di SMP Smaratungga Ampel. Teknik analisis data dengan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,03 < 0,05. Nilai t hitung lebih besar dari t tabel yakni 3,130 > 1,681. Sedangkan besarnya pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar siswa dapat dilihat dari nilai B yakni sebesar 0,451 yang berarti jika variabel media gambar naik satu satuan maka minat belajar siswa naik sebesar 0,451 dengan asumsi variabel lain konstan atau nol. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,03 < 0,05 dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai t hitung lebih besar dari t tabel yakni 3,158 > 1,681. Sedangkan besarnya pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai B yakni sebesar 0,086 yang berarti jika variabel media gambar naik satu satuan maka prestasi belajar siswa naik sebesar 0,086 dengan asumsi variabel lain konstan atau nol.
Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Minat Menyekolahkan Anaknya pada Masyarakat Buddha di Desa Sampetan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Mujiyanto Mujiyanto
JURNAL BAHUSACCA Vol. 1 No. 1 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tinagkat Pendidikan Orangtua Terhadap Minat Menyekolahkan Anaknya pada Masyarakat Buddha di Desa Sampetan Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali. Jumlah populasi sebanyak 700 orang diputuskan untuk diambil sampel 100 responden. Data dikumpulkan melalui angket langsung yang dijawab oleh responden, selanjutnya dianalisis secara statistik dengan teknik analisis regresi sederhana menggunakan komputer program SPSS Versi 15.0. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa: (1) pengaruh tingkat pendidikan orangtua (x1) terhadap minat menyekolahkan anaknya (y) menghasilkan angka t observasi sebesar (1.150) > 0,275 (t tabel). Karena t hitung (4,047) > t tabel (0,275), maka H0 ditolak, artinya koefisien regresi signifikan, berarti t hitung lebih besar dari t tabel. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka tingkat pendidikan orangtua terhadap minat menyekolahkan anaknya pada masyarakat Buddha di Desa Sampetan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Keputusannya adalah menolak Hipotesis nol dan menerima Hipotesis alternatif. Kesimpulannya, bahwa tingkat pendidikan orangtua mempengaruhi minat menyekolahkan anaknya sebesar 14,3 %. Variabel tingkat pendidikan orangtua memiliki pengaruh terhadap minat menyekolahkan anaknya. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan: (1) tingkat pendidikan orangtua pada masyarakat Buddha di Desa Sampetan Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali perlu dilakukan pemahaman tentang pentingnya pendidikan bagi anaknya. (2) Perlu adanya campur tangan dariberbagaipihak untuk membantu menyadarkan umat Buddha pentingnya pendidikan bagi keberadaan dan peradaban manusia. (3) Perlu ada penelitian yang sejenis dengan tema yang berbeda untuk menguji berbagai teori-teori pentingnya pendidikan, serta dengan memilih variabel lain untuk mengungkap variabel lain yang berpengaruh minat menyekolahkan anaknya.
Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha Di Smp Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung Sarbini Sarbini; Hesti Sadtyadi; Sujiono Sujiono
JURNAL BAHUSACCA Vol. 1 No. 1 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expost facto yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung pada bulan Februari - Juli 2018. Populasi dari penelitian ini adalah siswa beragama Buddha yang berjumlah 62 siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung sebesar 0,101; 2) Adanya Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung sebesar 0,112; 3) Adanya pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha di SMP Negeri 2 Kaloran Kabupaten Temanggung sebesar 23,4%
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Construct 2 Pada Materi Meditasi Ketenangan Batin Tursinah Tursinah; Hariyanto Hariyanto; Prihadi Dwi Hatmono
JURNAL BAHUSACCA Vol. 1 No. 2 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v1i2.371

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi construct 2 pada materi meditasi ketenangan batin untuk kelas VIII dan mengetahui kelayakan serta keefektifan dari media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reseacrh and Development (R&D). Peneliti mengacu pada langkah dari Borg and Gall dengan mengambil tujuh langkah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket, dan tes.Kelayakan dari media di uji dengan validitas isi aiken dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbuch dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mendapat nilai aiken dari ahli media sebesar 1,0. Nilai aiken yang diberikan dari ahli materi sebesar 0,85. Ahli bahasa memberikan nilai aiken untuk media sebesar 0,85. Nilai Cronbuch Alpha sebesar 0,765. Hasil respon pendidik mendapatkan nilai sebesar 78,85% dan respon dari siswa mendapatkan nilai 93,97%. Media juga dikatakan sangat efektif dibuktikan dengan nilai n-gain sebesar 90,74%. Berdasarkan dari nilai-nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa media layak untuk digunakan pendidik Agama Buddha.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Buddha Kelas VI SD Ari Suryana; Pujiyono Pujiyono; Karuna Yuliyanti; Walyono Walyono
JURNAL BAHUSACCA Vol. 1 No. 2 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v1i2.372

Abstract

Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu invosi di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan. Pendidikan Agama menjadi salah satu core values dalam proses pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif Pendidikan Agama Buddha untuk kelas VI SD, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif Pendidikan Agama Buddha kelas VI SD. Desain penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan media menggunakan model MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif sebagai data pokok dan data kualitatif berupa saran dari responden sebagai data tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan subyek penelitian siswa kelas VI SD yang beragama Buddha dengan jumlah 42 orang. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa:(1)pengembangan media pembelajaran interaktif Pendidikan Agama Buddha melalui tahap konsep, perancangan, pengumpulan bahan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi, (2)kelayakan media pembelajaran interaktif Pendidikan Agama Buddha menurut ahli media termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata skor 3,22 dan presentase kulaitas media 82,5%, menurut ahli materi termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata skor 3,48 dan presentase kualitas media 86,9%, menurut responden termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata skor 3,41 dan prsesntase kualitas media 85,4%. Jadi berdasarkan ahli media, ahli materi, dan siswa maka media pembelajaran interaktif ini layak digunakan untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Buddha siswa kelas VI SD. kata kunci: media pembelajaran interaktif; Pendidikan Agama Buddha; Android; MDLC
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Novel Materi Empat Peristiwa Agung Di Sekolah Menengah Pertama Handi Tri Hermawan; Hesti Sadtyadi; Hariyanto Hariyanto
JURNAL BAHUSACCA Vol. 1 No. 2 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v1i2.374

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis visual novel pada materi Empat Peristiwa Agung di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian dan pengembangan atau Research and Develepment (R&D) ini yang diadaptasi dari model pengembangan Brog dan Gall dengan menyederhanakan menjadi 7 tahap pengembangan. Uji kelayakan dilakukan tiga pengguna materi oleh guru pendidikan Agama Buddha dan dua ahli media oleh dosen STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Visual Novel materi Empat Peristiwa Agung Di Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh nilai validitas dan reliabilitas 0,61, sehingga dinyatakan valid dan reliabel. Selanjutnya penilaian ahli media diperoleh nilai validitas dan reliabilitas 0,79 sehingga dinyatakan valid dan reliabel. Respon siswa terhadap media menunjukan bahwa bahan ajar berupa Livin Maker 2 sangat diminati siswa. Sehingga media pembelajaran berbasis Visual Novel pada materi Empat Peristiwa Agung sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Pengembangan Instrumen Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skill) Pada Materi Pancasila Buddhis Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Gerryt Riana Septiarie; Hesti Sadtyadi; Ngadat Ngadat
JURNAL BAHUSACCA Vol. 1 No. 2 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan
Publisher : STABN RADEN WIJAYA WONOGIRI JAWA TENGAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53565/bahusacca.v1i2.375

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguraikan pengembangkan instrumen penilaian HOTS (High Order Thinking Skill) pada materi Pancasila Buddhis di Sekolah Menengah Pertama. Serta menguraikan dan mengetahui kelayakan instrumen penilaian HOTS pada materi Pancasila Buddhis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Berdasarkan uji analisis faktor dihasilkan nilai KMO sebesar 0,727 dengan anti image , dengan nilai lebih besar dari 0,5 yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas dengan nilai cronbach alpha sebesar 0,725 dalam uji skala kecil dan 0,749 pada uji skala besar, yang berarti instrumen reliabel. Hasil analisis Aiken penilaian dari ahli materi diperoleh nilai rata-rata 0,90, penilaian dari ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata 0,93, penilaian dari ahli evaluasi diperoleh nilai rata-rata 0,92, sehingga instrumen dikatakan valid. Hasil penilaian dari uji kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 67,80 dari uji kelompok besar diperoleh nilai rata-rata 70,83 yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut layak untuk digunakan bagi peserta didik