Jurnal Bahusacca
Vol. 1 No. 2 (2020): Pendidikan dasar dan Manajemen Pendidikan

Pengembangan Instrumen Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skill) Pada Materi Pancasila Buddhis Di Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Gerryt Riana Septiarie (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)
Hesti Sadtyadi (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)
Ngadat Ngadat (STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguraikan pengembangkan instrumen penilaian HOTS (High Order Thinking Skill) pada materi Pancasila Buddhis di Sekolah Menengah Pertama. Serta menguraikan dan mengetahui kelayakan instrumen penilaian HOTS pada materi Pancasila Buddhis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Berdasarkan uji analisis faktor dihasilkan nilai KMO sebesar 0,727 dengan anti image , dengan nilai lebih besar dari 0,5 yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas dengan nilai cronbach alpha sebesar 0,725 dalam uji skala kecil dan 0,749 pada uji skala besar, yang berarti instrumen reliabel. Hasil analisis Aiken penilaian dari ahli materi diperoleh nilai rata-rata 0,90, penilaian dari ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata 0,93, penilaian dari ahli evaluasi diperoleh nilai rata-rata 0,92, sehingga instrumen dikatakan valid. Hasil penilaian dari uji kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 67,80 dari uji kelompok besar diperoleh nilai rata-rata 70,83 yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut layak untuk digunakan bagi peserta didik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BAHUSACCA

Publisher

Subject

Education Other

Description

BAHUSACCA adalah jurnal yang dikelola oleh prodi PGSD, memiliki ruang lingkup pendidikan dasar dan manajemen pendidikan yang merupakan hasil penelitian maupun kajian ilmiah peneliti/dosen/praktisi di lingkup Ilmu pendidikan dasar dan manajemen ...