Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Gotalamo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukan dengan hasil pengamatan peneliti pada tanggal 2 November 2020, dimana sebagian besar siswa (10 siswa) memiliki kemampuan membaca pemahaman yang masih rendah sementara sebagian kecil (3 siswa) sudah mampu melakukan membaca pemahaman dengan baik. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian, dengan tiujuan dapat menjawab permsalahan memaca pemahaman di kelas V SD Muhammadiyah 1 Gotalamo. Jenis penelitian yg digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus setiap siklus dilaksanakan sebanyak 1 kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Gotalamo sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dengan menggunakan penerapan pendekatan integratif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dilihat dari presentase secara klasikal siklus I yaitu 37,5% dan siklus II 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan integrative dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahan siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Gotalamo Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai.
Copyrights © 2023