Jurnal Pasifik Pendidikan
Vol 2 No 1 (2023): Februari

PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GMIH L.O.C KECAMATAN MOROTAI SELATAN

Gullyt Karlos Papingka (Universitas Pasifik Morotai)
Subhan Hayun (Universitas Pasifik Morotai)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Creative Problem Solving pada mata pelajaran IPA dengan materi saling ketergantungan antara makhluk hidup, pada siswa kelas IV SD GMIH L.O.C Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai. Model penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas (PTK) yang di adakan pada siswa kelas IV SD GMIH L.O.C, dengan jumlah keseluruhan 20 siswa yang terdiri dari 8 perempuan dan 12 laki-laki. Sementara guru yang membantu menjadi observer selama melakukan penelitian ini adalah wali kelas IV SD GMIH L.O.C. Hasil penelitian pada siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 4 orang (20%) dari jumlah keseluruhan (20 siswa), sementara 16 siswa (80%) belum berhasil. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar (60%), sehingga siswa yang berhasil pada siklus II berjumlah 16 siswa (80%) dan yang belum berhasil 4 siswa (20%). Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model creative problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi “Saling Ketergantungan Antara Makhluk Hidup”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Cakupan dari Jurnal Pasifik Pendidikan meliputi : 1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2. Pendidikan Bahasa Inggris 3. Pendidikan Bahasa Indonesia 4. Pendidikan Matematika 5. Pendidikan Fisika 6. Pendidikan Biologi 7. Pendidikan Kimia 8. Pendidikan Geografi 9. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ...