Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation
Vol 1, No 2 (2022)

Evaluasi Implementasi Kurikulum Program Penjurusan di MI Ma’arif Plus Kuncen Seloboro Salam Magelang

Rohmad Romadhon (Universitas Alma Ata)
Ahmad Syamsul Arifin (Departement of Islamic Elementary Teacher Education, Universitas Alma Ata)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan kurikulum program penjurusan yang dilaksanakan di Madrasah Ibtida’iyah Plus Kuncen. Evaluasi adalah bentuk kegiatan yang dilaksanakan untuk menilai dan mengkaji suatu hal. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model evaluasi CIPP yang dicetuskan oleh Stufflebeam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP yang mengevaluasi kurikulum berdasarkan beberapa komponen yaitu, 1) Konteks, 2) Input, 3) Proses, 4) Produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan, 1) Pada aspek konteks, dasar penyusunan dan tujuan penerapan kurikulum program penjurusan sudah sesuai dengan acuan yang berlaku sehingga aspek konteks termasuk kategori efektif. 2) Aspek Input sudah sesuai karena dukungan dari guru-guru yang telah tersertifikasi. 3) Pada aspek proses, pelaksanaan pembelajaran berpedoman kepada RPP dan penilaian hasil belajar siswa sudah sesuai meskipun di masa pandemi covid-19 pelaksanaannya terbatas, 4) Aspek produk, siswa mendapat laporan hasil belajar dan sertifikat minat bakat. Kata Kunci: Evaluasi Kurikulum, Model Evaluasi CIPP, Kurikulum Program Penjurusan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJEETI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope 1. Innovation of Curriculum, 2. Instructional Design, 3. Learning Styles, 4. Learning and Teaching, 5. Media Development, 6. Teaching Methods and Strategies, 7. Developing Teaching Materials, and 8. Developing Learning Evaluation Peer Review Process Review Policy of IJEETI Every ...