cover
Contact Name
Kana Safrina Rouzi
Contact Email
ijeeti@almaata.ac.id
Phone
+6285328766419
Journal Mail Official
anisajnkiaa11@gmail.com
Editorial Address
Redaksi Journal IJEETI (Indonesian Journal of Elemantary Education and Teaching Innovation) Jl. Brawijaya No.99, Tamantirto, Bantul, Yogyakarta 55183
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation
ISSN : -     EISSN : 28283538     DOI : 10.21927/ijeeti
Core Subject : Education,
Focus and Scope 1. Innovation of Curriculum, 2. Instructional Design, 3. Learning Styles, 4. Learning and Teaching, 5. Media Development, 6. Teaching Methods and Strategies, 7. Developing Teaching Materials, and 8. Developing Learning Evaluation Peer Review Process Review Policy of IJEETI Every articles will be reviewed by the reviewer. The review process using a double Blind Review, meaning that the reviewer does not know the identity of the author, and the author did not know the identity of the reviewer. In the process of review, the reviewer gave consideration related to the suitability of the title, abstract, introduction, research methods, results and discussion and conclusions. Addition reviewer also gave consideration associated with novelty, scientific impact, and references used.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 21 Documents
Pengaruh Living Values Education Program Terhadap Penguatan Karakter Religius Pada Siswa Kelas V SD 3 Pengalusan Wahyu Hidayana; An-Nisa Apriani
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 2, No 2 (2023)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2023.2(2).95-106

Abstract

This study aims to determine the effect of the living values education program (LVEP) learning model on strengthening religious character in students. This research is a quasi-experimental study with a pre-test pos-test control group design. The research subjects were students of class V SD 3 Pengalusan, Purbalingga. The sample was selected based on random sampling for students using the Living Values Education Program learning. The instrument used in this study was an observation sheet to measure students' religious character. The data that has been collected is then analyzed using the t test. the results of the study showed that there were differences in religious character in learning between students who used the living values education program model in learning to have a higher level of religious character compared to students who used the expository learning model.Keyword: LVEP, Religious, Elementary Students
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Qira’ati pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Cahaya Insani Temanggung Jawa Tengah Eka Riany; Rubini Rubini
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(1).54-64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Insani yang berada di Jalan Dewi Sartika 5C Kowangan, Desa Ketosari RT 2 RW 1, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung.Data diperoleh dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara, sedangkan subyek penelitian adalah guru yang mengajarkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, setelah data terkumpul, data tersebut direduksi atau dipilih data-data yang penting, kemudian data disajikan dan diambil kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa SDIT Cahaya Insani Temanggung Jawa Tengah adalah dengan memberikan contoh cara membaca al-Qur’an dengan jelas dan tartil, menerapkan deres (membaca al-Qur’an) secara individu, menyimak bacaan siswa secara individu, memberikan motivasi untuk lebih meningkatkan/ rajin membaca al-Qur’an, menggunakan sitem pra kitab, tidak monoton dalam pembelajaran dan melakukan pembinaan untuk para guru. 2) Faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa SDIT Cahaya Insani Temanggung Jawa Tengah adalah guru dekat dengan siswa, mengenal karakter siswa, dekat dengan wali murid, tersedianya sarana dan prasarana qira’ati serta adanya peran dari semua pihak. Sedangkan faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qira’ati pada siswa SDIT Cahaya Insani Temanggung Jawa Tengah adalah siswa tidak mengulang kembali materi yang sudah diajarkan di sekolah dan berkurangnya pertemuan tatap muka. Kata Kunci: Upaya Guru, Membaca Al-Qur’an, Metode Qiro’ati. 
Evaluasi Implementasi Kurikulum Program Penjurusan di MI Ma’arif Plus Kuncen Seloboro Salam Magelang Rohmad Romadhon; Ahmad Syamsul Arifin
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(2).24-32

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan kurikulum program penjurusan yang dilaksanakan di Madrasah Ibtida’iyah Plus Kuncen. Evaluasi adalah bentuk kegiatan yang dilaksanakan untuk menilai dan mengkaji suatu hal. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model evaluasi CIPP yang dicetuskan oleh Stufflebeam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP yang mengevaluasi kurikulum berdasarkan beberapa komponen yaitu, 1) Konteks, 2) Input, 3) Proses, 4) Produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan, 1) Pada aspek konteks, dasar penyusunan dan tujuan penerapan kurikulum program penjurusan sudah sesuai dengan acuan yang berlaku sehingga aspek konteks termasuk kategori efektif. 2) Aspek Input sudah sesuai karena dukungan dari guru-guru yang telah tersertifikasi. 3) Pada aspek proses, pelaksanaan pembelajaran berpedoman kepada RPP dan penilaian hasil belajar siswa sudah sesuai meskipun di masa pandemi covid-19 pelaksanaannya terbatas, 4) Aspek produk, siswa mendapat laporan hasil belajar dan sertifikat minat bakat. Kata Kunci: Evaluasi Kurikulum, Model Evaluasi CIPP, Kurikulum Program Penjurusan
Pendidikan Islam Dalam Keluarga (Islamic Home Schooling) Kana Safrina Rouzi; Ni’mah Afifah; Linda Yarni; Remita Widiyanti
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 2, No 1 (2023)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2023.2(1).32-39

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor tumbuh kembang anak yang diintegrasikan dengan pendidikan Islam melalui penerapan ayat-ayat Al-Qur'an yang berisi tentang didikan para Nabi. Metode penelitian ini menggunakan studi teks. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif analisis dengan pola idealis dalam mereduksi ayat-ayat Al-Qur'an dan literatur lainnya untuk mencari solusi permasalahan penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa pendidikan Islam dalam keluarga menghasilkan anak yang berjiwa Islami dan berkemampuan sosial yang dilakukan dengan cara: (1) memberi contoh yang baik kepada anak dengan cara menunjukkan dan memberi contoh berbuat baik, mengucapkan kata-kata yang baik. , memberikan kehangatan dan kepedulian serta mendorong kebebasan anak dalam batas yang wajar, (2) memberikan nasehat yang baik kepada anak, dengan melibatkan anak dalam diskusi tentang kejadian terkini kemudian menyisipkan nasehat berupa larangan melakukan segala perbuatan yang dilarang oleh agama, dan (3) memberikan pembiasaan hal-hal positif secara konsisten dengan menerapkan kebiasaan dalam ibadah dan perbuatan yang mengandung nilai-nilai Islam (akhlak karimah). Kata Kunci: Islamic Home Schooling, Psikologi Perkembangan, Pendidikan Islam
Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Bimbinan Teknis pada MI Binaan Kabupaten Sleman Mas'udah Mas'udah; Mufida Awalia Putri
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 2, No 2 (2023)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2023.2(2).107-118

Abstract

Beberapa guru madrasah belum dapat membuat RPP dengan benar sesuai dengan Standar Proses. Penerapan pendampingan penyusunan instrument pembelajaran diharapkan dapat membantu guru dan kepala sekolah dalam menyelesaikan masalahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan prosedur bimbingan teknis kepada guru dalam penyusunan RPP dan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan perencanaan pembelajaran (RPP) setelah mengikuti bimbingan teknis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research) dengan Model Kurt Lewin, yakni penelitian yang dilakukan pengawas/supervisor dalam sekolah sendiri guna memperbaiki kualitas pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru kelas MI wilayah Sleman Timur yaitu MI Al Huda, MI Darul Huda, dan MI Sultan Agung tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dengan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Lembar validasi dan Lembar pengamatan. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian sebagaimana telah diuraikan, maka target yang telah ditetapkan dalam penelitian ini tercapai, yaitu ≥ 80% guru telah mencapai kompetensinya dalam menyusun RPP. Siklus 2 jumlah yang mendapatkan nilai gain dengan kategori tinggi sebanyak 100%. Hal ini menunjukkan bahwa intervensi tindakan yang diharapkan telah tercapai. Pembinaan teknis dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP telah terbukti secara ilmiah.
Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Kelas IV di MI Yappi Gedad Playen Kabupaten Gunungkidul Makzum Ikrimah; Ni'mah Afifah; Ahmad Syamsul Arifin
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 1 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(1).26-38

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas kompetensi pedagogoik guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 pada pembelajaran kelas IV di MI Yappy Gedad Playen kabupaten Gunungkidul tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,  observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data  dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa guru kelas empat MI Yappi Gedad 1 memiliki kualitas kompetensi yang sudah baik dalam mengelola pembelajarannya. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman guru terhadap peserta didik terkait kecerdasan, perkembangan kognitif, kondisi fisik dan lainnya, rancangan pembelajaran guru kelas tinggi yang sistematis dan memperhatikan kondisi pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan metode mendidik dan menyenangkan serta memanfaatkan media yang dengan baik, dan evaluasi pembelajaran yang berstandar proses dan hasil belajar serta mengembangankan untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik dalam berbagai kegiatan yang sesuai dengan potensinya. Dengan demikian, bahwa guru kelas IV, MI Yappi Gedad 1 memiliki kompetensi pedagogik yang baik sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik , Guru Kelas IV, Madrasah Ibtidaiyah Yappi Gedad
Efektivitas Metode Kupas Rangkai Suku Kata dengan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Putri Khalida; Indah Perdana Sari
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 1, No 2 (2022)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2022.1(2).43-52

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan metode kupas rangkai suku kata (KRSK) pada siswa kelas I SDN 4 Bau-Bau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif dimana desain yang digunakan adalah Quasi Experiment (One Group PreTest Post Test Control Design), serta dalam desain penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang nantinya akan menjadi pembanding untuk mengetahui sejauh mana kemampuan membaca permulaan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 4 BauBau yang terdiri dari kelas IA (kelompok eksperimen) yang berjumlah 21 siswa dan kelas IB (kelompok kontrol) dengan jumlah siswa 20. Pengujian validitas isi instrument pada penelitian menggunakan expertsjudgement. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan mencari rerata. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) = 0,000. Karena Sig. (2-tailed) = < α = 0,05 maka H0 ditolak, penggunaan metode Kupas Rangkai Suku Kata (KRSK) dengan media huruf kata efektiv secara segnifikan dalam menigkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 4 Baubau. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh intervensi menggunakan metode KRSK dapat meningkatkan kemam  puan membaca permulaan bagi anak kesulitan membaca di kelas I SDN 4 Baubau. Kata Kunci: Kupas Rangkai Suku Kata, Metode Pembelajaran, Media Kartu Huruf Kemampuan Membaca Permulaan, Kelas 1 SD
Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran Nanang Gustri Ramdani; Nisa Fauziyyah; Riqotul Fuadah; Soleh Rudiyono; Yayang Alistin Septiyaningrum; Nur Salamatussa&#039;adah; Aida Hayani
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 2, No 1 (2023)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31

Abstract

Pendidikan merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh komponen pendidikan untuk meningkatkan potensi peserta didik dengan berbagai cara. Pendekatan dapat diartikan sebagai sudut pandang terhadap suatu proses pembelajaran yang memiliki beberapa macam, jenis, dan cara implementasi. Strategi pembelajaran adalah seni penggunaan rencana untuk mencapai tujuan pembelajaran terdiri dari metode dan teknik atau prosedur. Dalam strategi terdapat beberapa komponen pembelajaran dan beberapa unsur yang harus dipenuhi. Sedangkan metode merupakan cara untuk mencapai tujuan pendidikan. Metode pembelajaran dapat dilaksanakan dengan ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, eksperimen, resitasi dan karya wisata. Tentunya dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki disetiap metode.Kata Kunci: Pendidikan, Pendekatan, Strategi, Metode.
Implementasi Pendidikan Multikultural di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta Nur Relawati Sarif; Yusinta Dwi Ariyani; Andi Wahyudi
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 2, No 2 (2023)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2023.2(2).54-71

Abstract

Pendidikan multikultural memiliki peranan penting dalam masyarakat yang semakin heterogen dan global saat ini untuk memberikan pembekalan pada aspek keberagaman, pembentukan identitas diri, keterampilan antar budaya, dan mencegah diskriminasi atau konflik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pendidikan multikultural dan faktor-faktor yang mendukung serta menghambat proses implementasi pendidikan multikulural di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri Ngupasan. Teknik penelitian yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Teknik keabsahaan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.  Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan multikultural dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan pengembangan diri. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Sedangkan pelaksanaan dalam kegiatan pengembangan diri meliputi kegiatan bimbingan konseling, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan pembiasaan rutin serta pembiasaan terprogram. Faktor yang mendukung implementasi pendidikan multikultural di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta yaitu lingkungan sekolah, kurikulum sekolah, sarana prasarana sekolah, kegiatan sekolah, dan kerjasama semua komponen sekolah. Sedangkan, faktor yang menghambat berupa pola asuh orangtua, kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru, dan kurangnya poster-poster atau tulisan-tulisan tentang keragaman dan nilai-nilai multikultural di sekolah. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Multikultural 
Pembentukan Karakter Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah: Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Fildza Malahati; Nur Hidayat; Nurul Huda; Putri Jannati; Lusi Oktavia; Afifah Rizki
Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation Vol 2, No 2 (2023)
Publisher : Alma Ata University Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21927/ijeeti.2023.2(2).119-130

Abstract

Pembentukan karakter merupakan hal yang harus diperhatikan sejak dini. Terbentuknya karakter peserta didik yang baik tentunya dipengaruhi oleh pembiasaan-pembiasaan yang baik juga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih jauh tentang bagaimana pembentukan karakter peserta didik melalui pembiasaan kegiatan keagamaan. Penelitian ini dilakukan di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul, Yogyakarta. Fokus penelitian membahas tentang pembentukan karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian adalah data tentang pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi.  Pengambilan data dalam penelitian ini dengan cara snowball sampling, sehingga didapati 2 orang guru dan 5 peserta didik sebagai sampel penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul, Yogyakarta menerapkan kegiatan kegamaan seperti mengajarkan salat wajib tepat waktu, mengajarkan salat dhuha, mengajarkan untuk membaca Al-Qur’an sebelum kegiatan proses belajar mengajar dimulai. Tidak hanya itu, di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bantul, Yogyakarta juga memiliki program unggulan yaitu tahfidz yang mana peserta didik diharapkan mampu menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an serta mengamalkanya. Pembiasaan-pembiasaan melalui aktivitas keagamaan tersebut tentunya memiliki faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung kegiatan tersebut adalah guru itu sendiri sebagai suri tauladan untuk peserta didiknya. Peserta didik yang memiliki ahlak yang baik tentunya sedikit banyaknya dipengaruhi oleh didikan gurunya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan sosial peserta didik itu sendiri diluar lingkungan sekolah.  Diadakanya aktivitas keagamaan tersebut diharapkan dapat memberikan efek yang baik dalam membentuk karakter peserta didik menjadi lebih baik. Kata kunci: Pembentukan Karakter, Aktivitas Keagamaan, Madrasah Ibtidaiyah

Page 1 of 3 | Total Record : 21