Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation
Vol 2, No 1 (2023)

Perkembangan Kognitif Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus di MIN 1 Bantul)

Laelatul Badriah (Universitas Alma Ata)
Khamdan Nur Andi (SMK N Pengasih)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Perkembangan kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan dalam proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan kognitif peserta didik. Kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran tematik sangat perlu memperhatikan perkembangan kognitif yang erat kaitanya dengan perkembangan dan pertumbuhan peserta didik. MIN 1 Bantul berupaya untuk menerapkan proses pembelajaran dengan memperhatikan perkembangan peserta didik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah persiapan pembelajaran tematik di MIN 1 Bantul memperhatikan standar porses pendidikan, proses pembelajaran yang dengan berpegang pada teori perkembangan kognitif Piaget, proses pembelajaran tematik menggunakan dan memegang teori kognitif. Menurut Piaget proses pembelajaran pada usia 7-12 disebut pada tahap oprasional konkrit. Penelitian ini untuk mengetahui perkembangan kognitif dapat memberikan dampak pada kemajuan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini dalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru MIN 1 Bantul, Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan kognitif peserta didik akan memberikan efek yang baik bagi kemajuan hasil belajar peserta didik, baik proses pembelajaran maupun hasil akhir dari hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini, usia minimal yang distandarkan untuk bisa memulai pendidikan dasar adalah umur 7 tahun, dengan alasan kesiapan secara matang dan kognitif anak dalam menerima materi ajar telah matang.Kata Kunci: perkembangan kognitif, pembelajaran tematik, Siswa MIĀ 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJEETI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope 1. Innovation of Curriculum, 2. Instructional Design, 3. Learning Styles, 4. Learning and Teaching, 5. Media Development, 6. Teaching Methods and Strategies, 7. Developing Teaching Materials, and 8. Developing Learning Evaluation Peer Review Process Review Policy of IJEETI Every ...