Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 2 (2021)

STRATEGI MENGEMBANGKAN KEPEKAAN BILANGAN (NUMBER SENSE) DAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI

I Komang Sesara Ariyana (Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2021

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk membahas mengenai kemampuan berhitung anak usia dini, hubungan berhitung dan kepekaan bilangan (number sense) bagi anak usia dini, level perkembangan berpikir berkaitan dengan berhitung anak usia dini, dan strategi mengembangkan kepekaan bilangan (number sense) dan berhitung pada anak usia dini. Kepekaan bilangan (number sense) dan berhitung sangat penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini. Kepekaan bilangan (number sense) dan berhitung merupakan bagian dari konsep matematika untuk anak usia dini. Seyogianya pembelajaran untuk anak usia dini menerapkan prinsip belajar sambil bermain. Begitu pula dalam pembelajaran berhitung pada anak harus mengedepankan aktivitas bermain. Bermain matematika memerlukan alat atau media yang menarik dan mudah digunakan. Berhitung dibedakan menjadi dua, yaitu berhitung verbal (hafalan) dan objek (rasional). Ketika siswa sudah terbiasa dengan aktivitas berhitung verbal dan berhitung objek, maka siswa siap untuk diberikan stimulasi untuk mengembangkan number sense-nya. Terdapat beberapa permainan yang dapat memfasilitasi perkembangan number sense dan berhitung anak, sehingga pembelajaran berhitung juga menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Focus and Scope of Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and ...