Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 2 (2021)

PERAN PERMAINAN EDUKATIF DALAM MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF PADA ANAK USIA DINI

Luh Artaningsih (Universitas Panji Sakti)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2021

Abstract

Pendidikan anak usia dini tidak hanya memberikan layanan dalam pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, tetapi juga pengembangan kreativitas. Namun, realita penyelenggaraan pendidikan saat ini justru seolah tidak mengakomodasi pengembangan kreativitas anak. Bahkan lembaga pendidikan masih diasumsikan sebagai creative killer. Kondisi ini tentu sangat tidak diharapkan di tengah era ekonomi kreatif dimana sumber daya manusia menjadi faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya. Berdasarkan kondisi tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan peran permainan edukatif dalam mengembangkan ekonomi kreatif pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di di TK Eka Dharma, Kota Singaraja. Informan dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas B di TK Eka Dharma. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan pencatatan dokumen. Data maupun informasi yang telah terkumpul dalam penelitian ini selanjutnya dianalisis secara kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh temuan bahwa permainan edukatif yang dilaksanakan di TK Eka Dharma melalui kegiatan-kegiatan: (a) bermain drama, (b) membuat kerajinan tangan, (c) bongkar pasang mainan lego, dan kegiatan menyanyi, menari serta melukis mampu menumbuhkan ekonomi kreatif pada diri anak.Kata kunci: anak usia dini, ekonomi kreatif, permainan edukatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Focus and Scope of Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and ...