JPK : Jurnal Penelitian Kesehatan
Vol. 10 No. 2 (2020): Desember

GAMBARAN PELAKSANAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PENCEGAHAN DEKUBITUS PADA PASIEN RAWAT INAP (Study Deskriptif di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit X Surabaya)

Francisca Ary Kusdamayanti1 (STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya)
Marcellina Rasemi Widayanti (STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya)
Cicilia Wahju Djajanti (STIKES Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2021

Abstract

: Standar Operasional Prosedur (SOP) pencegahan dekubitus digunakan oleh perawat sebagai pedoman dalam pelaksanaan pencegahan dekubitus untuk meminimalkan angka kejadian dekubitus namun pada kenyataannya pelaksanaan SOP ada yang tidak sesuai standar sehingga angka kejadian dekubitus di Rumah Sakit X meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gambaran pelaksanaan SOP pencegahan dekubitus di Rumah Sakit X Surabaya. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Variabel tunggal dalam penelitian ini pelaksanaan SOP pencegahan dekubitus. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang beresiko dekubitus di Rumah Sakit X Surabaya dengan kriteria inklusi pasien yang imobilisasi/penurunan kesadaran/tidak bisa beraktivitas/inkontinensia uri dan alvi, pasien yang dijaga oleh keluarga/wakil keluarga dan pasien yang dirawat lebih dari 1 hari, besar sampel dalam penelitian ini 35 responden dan teknik pengambilan sampel dengan consecutive sampling. Instrument dalam penelitian ini adalah checklist, kemudian data diolah dengan menggunakan analisa statistik deskriptif proporsi prosentase. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari 50% (57%) pelaksanaan Standar Operasional Prosedur pencegahan dekubitus sesuai prosedur, maka peneliti memberi masukan untuk mengoptimalkan pelaksanaan SOP pencegahan decubitus. Bagi diklat keperawatan untuk tetap melakukan sosialisasi pencegahan dekubitus terutama pada saat orientasi perawat baru. Bagi perawat disarankan untuk lebih aktif membaca SOP pencegahan dekubitus yang ada disetiap ruangan. Bagi kepala ruangan untuk tetap melakukan supervisi kepada perawat pelaksana terkait pelaksanaan SOP pencegahan dekubitus terutama yang terkait dengan pemberian informasi dan edukasi bagi keluarga.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing

Description

Jurnal Penelitian Kesehatan (JPK) merupakan jurnal berkala yang memuat hasil penelitian di bidang kesehatan khususnya Keperawatan, Kebidanan, Fisioterapi, Kedokteran dan bidang kesehatan yang lain. JPK diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Katolik St. Vincentius a Paulo Surabaya dengan ...