Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA)
Vol 2 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENURUT EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS BANK SUMSEL BABEL SYARIAH KCP MUHAMMADIYAH)

Arinda Utami Putri (Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang)
Nova Yanti Maleha (Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang)
Amir Salim (Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah dalam sebuah perusahaan perbankan yang memberikan pelayanan jasa mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Kualitas memberikan suatu dorongan kepada nasabah untuk menjalin ikatan yang kuat dengan bank. Dengan demikian bank dapat meningkatkan kepuasan nasabah. Skripsi ini membahas pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah menurut ekonomi syariah (studi kasus Bank Sumsel Babel Syariah KCP Muhammadiyah). Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah menurut ekonomi syariah (studi kasus Bank Sumsel Babel Syariah KCP Muhammadiyah). Data penelitian adalah data primer yang diperoleh dari sumber pertama, seperti data-data bank dan hasil kuisioner. Metode yang digunakan, Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas,Analisis Regresi Linier sederhana dan Uji Hipotesis yang dibantu software SPSS 26. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa nilai Sig untuk kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan nasabah (Y) adalah sebesar 0,007 <0,05 dan nilai t hitung 2,844 >t tabel 2,01537, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti kualitas pelayanan (X) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada Bank Sumsel Babel Syariah KCP Muhammadiyah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimesha

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA) is a student research journal managed by the the Program Studi Ekonomi Syariah in Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang. This journal publication aims to disseminate conceptual thoughts or ideas and research ...