Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA)
Vol 3 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA)

SISTEM JUAL BELI BUAH NANAS SECARA BORONGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PETANI DESA BETUNG II KECAMATAN LUBUK KELIAT KABUPATEN OGAN ILIR)

Reni Mawarsari (Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang)
Saprida Saprida (Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang)
Nova Yanti Maleha (Prodi Ekonomi Syariah STEBIS IGM Palembang)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2023

Abstract

Pokok masalah dari penelitian ini dibagi dalam beberapa sub masalah atau pertanyaan yaitu: (1) bagaimana sistem pelaksanaan jual beli buah nanas secara borongan di Desa Betung II Kecamatan Lubuk keliat Kabupaten Ogan Ilir? (2) bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap jual beli borongan di Desa Betung II Kecamatan Lubuk keliat Kabupaten Ogan Ilir?, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem jual beli secara borongan dalam perspektif ekonomi Islam, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fiel riset) dan sifat penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah: fenomenologis dan normatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelurusan data online. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa tradisi praktik borongan dalam jual beli buah nanas di Desa Betung II yaitu mempunyai 2 cara sistem jual beli secara borongan pertama, jual beli secara borongan tetapi tanpa dihitung lagi atau yang disebut dengan taksiran. Kedua, jual beli secara borongan namun di hasil akhir tetap dihitung secara perbuah. Dalam perspektif ekonomi Islam, jual beli yang dilaksanakan di Desa Betung II ada yang boleh dilakukan dan ada yang tidak boleh dilakukan. Sistem yang tidak boleh dilakukan adalah sistem borongan tanpa dihitung ulang atau sering disebut taksiran. Transaksi tersebut tidak sah karena tidak jelas hitungan akhirnya, sedangkan yang boleh dilakukan adalah sistem borongan dengan dihitung kembali secara jelas perbuahnya. Dalam ekonomi Islam diperbolehkan borongan yang jelas hitungannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jimesha

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA) is a student research journal managed by the the Program Studi Ekonomi Syariah in Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Palembang. This journal publication aims to disseminate conceptual thoughts or ideas and research ...