JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
Vol. 7 No. 1 (2023): Desember

Peran Tari “Cublek-Cublek Suweng” Terhadap Pembentukan Karakter Kerjasama pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Kabupaten Jember

Prameswari Sulistyowaty (Universitas Jember)
Luh Putu Indah Budyawati (Universitas Jember)
Aisyah Nur Atika (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

Tari merupakan sebuah media atau bahasa komunikasi yang berwujud gerakan sebagai alat mengungkapkan gerak secara ekspresif, ide, perasaan, dan pengalaman kepada orang lain. Tari memfokuskan pada 1) kebutuhan perkembangan emosional yang dicapai dengan cara mengaktualisasikan diri melalui gerak sehingga dibutuhkan apresiasi seni yang baik, dan 2) kecerdasan sosial yang dapat dicapai dengan membina kerjasama baik dengan pelatih atau antar penari, ceria, dan percaya diri. Tujuan penelitian mendeskripsikan peran tari “Cublek-Cublek Suweng” terhadap pembentukan karakter kerjasama pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Kabupaten Jember dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa melalui tari pembentukan karakter kerjasama pada anak usia 5-6 tahun dapat dilihat dari (1) pengelompokan kelompok tari berdasarkan kemampuan anak dan guru mengajak kelompok untuk berdiskusi tentang tahap tarian dan pembagian tugas, (2) kebersamaan dalam kelompok mendorong anak berlatih hingga selesai m elaksanakan perannya saat menari, (3) anak saling mengingatkan apabila ada yang lupa gerakan tari dan menggantikan peran teman yang tidak hadir pada saat latihan berlangsung. Gerak tari dilakukan secara berkelompok melatih kemampuan anak bekerjasama dengan temannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JECIE

Publisher

Subject

Education

Description

JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in ...