cover
Contact Name
H.B.A Jayawardana
Contact Email
hepta2011@gmail.com
Phone
+6281336101853
Journal Mail Official
jurnaljecie@gmail.com
Editorial Address
Prodi PG PAUD, Universitas PGRI Argopuro Jember, Jl. Jawa No. 10 Jember, Jawa Timur
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
ISSN : 26144387     EISSN : 25992759     DOI : https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1
Core Subject : Education,
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in the field of Early Childhood Education (PAUD). The JECIE is published twice a year in July and December. The field of study in the JECIE covers the field of education and teaching in Early Childhood Education (PAUD), including the study of physical motor development, socio emotional development, cognitive development, language development, development of moral and religious values, art development, childrens inclusive education, and various other fields related to Early Childhood Education.
Articles 121 Documents
PENERAPAN BERMAIN UNTUK MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI Made Ayu Anggreni
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 1 (2017): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i1.25

Abstract

Mengkaji tentang penerapan bermain untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. Fenomena, tidak semua anak usia dini memiliki rasa percaya diri yang tinggi serta kurangnya rasa percaya diri merupakan gejala khas yang sering dialami oleh anak. Anak aktif mengikuti perintah apa yang diberikan guru, anak tidak banyak terlibat memberi ide/gagasan sesuai kemauan anak, serta pembelajaran masih banyak berpusat pada guru (teacher center). Pada diri anak terdapat keraguan, keputusasaan, menghindari kontak fisik dan memberikan alasan ketika gagal melakukan sesuatu, maka rasa percaya diri anak usia dini belum sepenuhnya muncul. Dalam penulisan artikel ini menggunakan metode deskriptif melalui studi kepustakaan. Pembelajaran pendidikan anak usia dini dilakukan melalui belajar seraya bermain, merupakan cara membangun rasa percaya diri untuk kebahagiaan dan kesuksesan anak, yaitu: 1) Saat kita merasa senang atau bangga pada anak kita katakanlah pada mereka; 2) Beri pujian pada anak; 3) Jangan segan-segan memuji anak, bahkan di depan anggota keluarga, teman-teman sekolahnya; 4) Ajari anak untuk membuat perasaan yang positif tentang dirinya sendiri; 5) Hindari kritik yang bersifat mempermalukan si anak; 6) Ajari anak untuk membuat keputusan yang bijaksana. Orang tua atau guru pemegang peran utama, kemandirian berkembang melalui sebuah proses yang sangat erat hubungannya dengan rasa percaya diri anak.
KESIAPAN ANAK MEMASUKI SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA Siti Nurina Hakim; Nuryati Mustamiroh
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 1 (2017): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i1.26

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membandingkan tingkat kesiapan memasuki Sekolah Dasar (SD) pada anak yang bersekolah di Taman Kanak-kanak (TK) program full-day ditinjau dari tingkat pendidikan orangtuanya. Fenomena perilaku orangtua yang sudah merasa cukup bila anak disekolahkan di TK, dan kurang mengoptimalisasikan latar belakang pendidikan yang dimilikinya untuk mendidik anaknya. Tingkat pendidikan orang tua berpengaruh terhadap pengetahuan, nilai, dan tujuan tentang pengasuhan. Tingkat pendidikan yang lebih tinggi dapat meningkatkan fasilitas orang tua untuk terlibat dalam pendidikan anak, juga memungkinkannya untuk memperoleh model keterampilan sosial dan strategi pemecahan masalah yang kondusif bagi sekolah untuk keberhasilan anak.Penelitian ini menggunakan subjek pada dua TKIT B full-day di Banyudono Boyolali, dengan sejumlah subjek sebanyak 85 orang, Alat ukur yang dipergunakan : NST, Frosting, dan CPM. Hasil analisis data diperoleh nilai t sebesar = -1,998 dengan signifikansi 0,049 (p<0,05), artinyahasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan tingkat kesiapananak-anak yang memiliki orang tua dengan pendidikan Perguruan Tinggi(PT)dibandingkan tingkat kesiapan anak-anak yang memiliki orang tua dengan pendidikan Sekolah Menengah (SM). Anak anak yang memiliki orang tua yang tingkat pendidikan PTlebih siap dibandingkan anak-anak yang memiliki orang tua yang pendidikannya SM.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI LAMBANG DAN LOGO PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AR RAHMAN MAKROMAN SAMBUTAN SAMARINDA Mahkamah Brantasari; Hanita Hanita
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 1 (2017): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i1.27

Abstract

Anak didik yang baru memasuki awal pendidikan dini kebanyakan dari mereka masih memiliki kemampuan bahasa yang masih minim. Peneliti melakukan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak didik dengan cara mengenalkan lambang dan logo yang mudah di ingat. Oleh karena itu apakan melalui lambang dan logo dapat meningkakan kemampuan bahasa pada anak usia 4-5 tahun di TK Ar-Rahman Makroman Sambutan Samarinda. Tujuan dari penelitian ini diharapkan melalui lambang dan logo dapat meiningkatkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Ar-Rahman Makroman Sambutan Samarinda. Kegiatan dilaksanakan dengan metode tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus kegiatan, pelaksanaan penelitian ini di bantu oleh guru kelas sebagai pelaksana dan peneliti sebagai pengamat. Anak didik usia 4-5 tahun di TK Ar-Rahman Makroman Sambutan Samarinda menjadi subjek penelitian ini. Anak sangat antusias dalam kegiatan ini dan tentu dapat membantu anak didik untuk lebih cepat memahami komunikasi yang ada melalui simbol-simbol, gambar, angka dan huruf yang terdapat pada lambang dan logo sehingga kemampuan anak didik dalam memahami bahasa bisa meningkatkan dengan baik. Hasil kalkulasi akhir pada siklus II berarti kemampuan bahasa anak mengalami peningkatan dari siklus I 54,5% menjadi 91,5%, persentase peningkatan kemampuan bahasa anak dengan menggunakan logo dan simbol sekitar 37%.
MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF DIPAUD BUNGA INDAH 09 YOGYAKARTA Suriadi Suriadi
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 1 (2017): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i1.28

Abstract

Keberadaan PAUD yang menyelenggarakan pendidikan inklusif di Yogyakarta terbilang masih sedikit padahal jenjang PAUD memiliki peran yang signifikan untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan dasar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pendidikan PAUD inklusif yakni di PAUD Bunga Indah 09. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi.hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum manajemen pendidikan yang diterapkan sama dengan PAUD pada umumnya, namun dari sisi peserta didik, tenaga pendidik,dan pembiayaan memiliki sedikit perbedaan. Perbedaan tersebut yakni terletak pada terdapat ABK di PAUD tersebut, tenaga pendidik yang cendrung berbasis masyarakat, dan sumber pembiayaan yang mencukupi dari pemerintah.
OPTIMALISASI PENGGUNAAN METODE DRILL PADA PEMBELAJARAN GITAR PEMULA (Studi Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok Ansembel Musik IGTKI-PGRI Kabupaten Kediri) Itot Bian Raharjo; Intan Prastihastari Wijaya; Anik Lestariningrum
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 1 (2017): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i1.29

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan optimalisasi pembelajaran gitar pemula melalui metode drill dan mendeskriksikan dampak metode drill dalam meningkatkan keterampilan guru TKpada materi teori dasar dan praktik bermain gitar pemula.Subjek penelitian ini adalah guru TK anggota IGTKI-PGRI Kabupaten Kediri yang berjumlah 26 orang sebagai perwakilan 26 Kecamatan. Penelitian ini menggunakan Desain PTK model Kurt Lewin (Wijaya K. dan Dedi D., 2012: 20). Dikatakan penelitian ini berhasil jika mampu melakukan perpindahan antar kunci dan mampu memainkan pola rhythmyang diperlihatkan melalui kriteria minimal 75%.Teknik pengumpulan data dalam PTK ini adalah observasi dan instrumen yang digunakan dalam penilaian proses pembelajaran ini mencakup 2 (dua) aspek keterampilan, antara lain: perpindahan antar kunci (jari tangan kiri) dan pola rhythm (jari tangan kanan). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar perpindahan kunci sebanyak 3 orang (11,5%) di siklus I, sebanyak 16 orang (61,5%) di siklus II, dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 80,8% pada siklus III. Dan pola rhythmsebanyak 5 orang (19,2%) di siklus I dan dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 77% pada pelaksanaan di siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan penggunaan metode drill pada pembelajaran gitar pemula pada kelompok ansembel IGTKI-PGRI Kabupaten Kediri tahun 2017, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat diterima.
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK TENAGA PENGAJAR DI TK LABSCHOOL IKIP PGRI JEMBER Muhammad Agus Sugiarto
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 1 (2017): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i1.30

Abstract

Pengembangan media video tentang Number Head Together (NHT) di TK LABSCHOOL IKIP PGRI JEMBER, dilatar belakangi sulitnya tenaga pengajar menerapkan model-model pembelajaran, hal tersebut karena tenaga pengajar hanya sekedar membaca buku tanpa tahu seperti apa penerapkan yang benar selaian itu tidak adanya waktu tenaga pengajar untuk mempelajarinya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Wiliam W. Lee & Diana L. Owens. Adapun tahapan-tahapan tersebut yaitu (1) Analisis (Analysis), (2) Desain (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Penerapan (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Produk media yang dihasilkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yakni dosen IKIP PGRI Jember. Selanjutnya diuji coba pada enam tenaga pengajar untuk menguji kemenarikan dan kemudahan penggunaan medi video.Produk yang dihasilkan berupa media videoNumber Heads Together dalam bentuk program aplikasi sehingga dapat di-copy-paste kan pada setiap komputer/laptop pengguna. Produk ini pun dikemas dalam bentuk CD juga penyimpanan digital (flashdisk) dan disertai pula buku petunjuk. Berdasarkan hasil perhitungan angket aspek kelayakan yang diperoleh dari ahli materi 85% yang berarti layak, dari ahli media 65% yang berarti layak digunakan. aspek kemudahan yang diuji coba pada tenaga pengajar memperoleh presentase 85% yang berarti media videoNumber Heads Together mudah digunakan. aspek kemenarikan yang diuji cobakan pada tenaga pengajar memperoleh presentase 88,5% yang berarti media videoNumber Heads Together menarik digunakan. Saran yang diajukan, kepada kepala sekolah adalah media videoNumber Heads Together dapat dijadikan sebagai alternatif untuk tenaga pengajar dalam mempelajari kooperatif tipe number heads together, supaya dapat memberikan variasi dalam kegiatan pembelajaran.
MANFAAT KERJASAMA DALAM KELOMPOK SAAT BERMAIN SLUNCURAN BAGI ANAK USIA DINI Achmadi Achmadi; Aisyah Aisyah
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 1 (2017): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i1.31

Abstract

Setiap lembaga PG PAUD memiliki fasilitas permainan out door. Sebab salah satu pengembangan bagi anak usia dini bisa dilakukan saat bermain out door. Ditemukan di lapanganbahwa saat anak bermain out door masih banyak permasalahan yang terjadi. Misalnya: Anak tidak mau bermain karena tidak berani. Bila berani bermain, anak sering terjatuh, terbentur, danberebut tidak ada yang mau mengalah. Terkait dengan permasalahan tersebut maka penulis telah mengadakan penelitian, dengan judul manfaat kerjasama dalam kelompok saat bermain sluncuranbagi anak usia dini. Adapun targetdalam penelitian ini antara lain: 1. Anak usia dini mau dan berani bermain sluncuran seperti anak pada umumnya. 2. Anak bisa bermain dengan amantidak berebut, terbentur, terjatuh). 3. Anak bermain dengan cara mau bersosial dengan baik,atau bergotong royong terhadap sesama teman. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menerapkan pembelajaran kerjasama dengan model pembimbing dan terbimbing.Jenis penelitian ini Pre eksperimen dengan desain penelitiannya mengetrapkan control-group post tes only design. Adapun tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kegiatan kerjasama saat bermain out door khususnya bermain sluncuraan bagi anak usia dini. Atau untuk mengatasi permasalahannyaanak saat bermain out door (sluncuran). Adapun metode pengumpulan data penulis menggunakan tes unjuk kerja, dan observasi.Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi: perumusan tujuan, pembentukan kelompok bermain, penjabaran tugas sebagai tutor – tutee (pembimbing – terbimbing), pelaksanaan masing-masing kelompok, dan mengadakan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kerjasama kelompok saat bermain sluncuran sangat bermanfaat dan efektif, serta dapat menyelesaikan permasalahan anak usia dini saat bermain sluncuran.
STUDI TENTANG HUBUNGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PERILAKU AGRESIF DAN EMPATI ANAK USIA DINI Mudafiatun Isriyah
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 1 (2017): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i1.32

Abstract

Merubah sikap perilaku agresif anak usia dini dan mengembangkan rasa empati anak merupakan usaha yang harus terus dilaksanakan oleh pendidik. Anak-anak memiliki kemampuan yang tinggi dalam menyesuaikan tingkah lakunya dengan apa yang diamati di sekitarnya. Video pembelajaranbagi anak adalah sesuatu yang menyenangkan, merupakan kegiatan bermain ketika anak sedang menerima pembelajaran di kelas dan satu-satunya motif tujuan ini untuk mengembangkan pencapaian perkembangan terutama pada sosial emosional anak yang memiliki perilaku agresif dan menumbuhkan sikap empati sejak dini. Penelitian ini dilakukan pada PAUD di wilayah gugus 7 kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jumlah anak berusia 5-6 tahun di gugus 7 sebanyak 118 anak. Desain penelitian menggunakan penelitian eksprimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Deskripsi data disajikan berupa data distribusi hasil kegiatan pemberian video pembelajaran dengan penerapan pemberian video pembelajaran. Hasil belajar perilaku agresif dan sikap empati: a) Diketahui hipotesis penelitian: Ho = tidak ada pengaruh perbedaan yang signifikan pada Hasil kegiatan Pemberian video pembelajaran antara perilaku agresif dan sikap empati. H1 = ada pengaruh perbedaan yang signifikan pada hasil kegiatan pemberian video pembelajaran antara perilaku agresif dan sikap empati. b) Hasil perhitungan uji mann whitney(z score) sebesar -6,546 dengan nilai sig.(p) = 0.000. c) Kesimpulan: nilai sig.(p) t hitung (0.000) < 0.05 maka H1 diterima bahwa ada pengaruh perbedaan yang signifikan pada hasil kegiatan pemberian video pembelajaran antara perilaku agresif dan sikap empati (menggunakan metode pemberian video pembelajaran).
PENGARUH CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK KELOMPOK B TK NURUS SAADAH KECAMATAN LEDOKOMBO KABUPATEN JEMBER I Made Hartawan; Dian Pravita Aprilia
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 1 (2017): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i1.33

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan wilayah pembahasan yang sangat luas dan semakin menarik.Cerita bergambar suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar yang tidak bergerak yang di susun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah jalinan cerita. Dengan cerita bergambar dapat merangsang perkembangan kecerdasan linguistik anak. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu adakah pengaruh cerita bergambar terhadap perkembangan kecerdasan linguistik anak. Bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh cerita bergambar terhadap perkembangan kecerdasan linguistik anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif, dengan sampel penelitian adalah anak kelompok B Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember yang berjumlah 20 anak terdiri 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Sampel ini dipilih dengan cara populasi sampling, sengaja dipilih berdasarkan tujuan dan pertimbangan tertentu.Teknik pengumpulan data melalui dokumenter, observasi, tes . Dalam menganalisa data ini, sebagai variable bebasnya (variabel x) adalah cerita bergambar, sedangkan variable tergantungnya (variabel y) adalah perkembangan kecerdasan linguistik digunakan analisis Chi Kuadrat. Dari analisa data diketahui X2 hitung = 8,41. Sedangkan bila dilihat X2 tabel Chi Kuadrat dengan responden (N) = 20, dengan taraf signifikan 5% diperoleh = 3,84. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hipotesis kerja diterima yaitu Ada Pengaruh Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Kecerdasan Linguistik Anak Kelompok B di TK. Nurus Saadah Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.
PERMAINAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN Ahmad Afandi
JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) Vol. 1 No. 1 (2017): Desember
Publisher : Program Studi PG PAUD - FKIP - UNIPAR JEMBER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/jecie.v1i1.34

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak melalui permainan balok usia 5-6 tahun di TK Amanah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jenis Penelitian yang dipakai yaitu penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan variabel terkait dengan mamakai kegiatan permainan balok yang meliputi empat langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dengan menghitung skor kesuksesan atau ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dengan diterapkannya kegiatan permainan balok mulai dari observasi awal dengan presentase 53%, pelaksanaan siklus I 69% dan siklus II meningkat menjadi 80% kecerdasan logika matematika anak dapat meningkat dari belum berkembang sampai berkembang. Sehingga bisa mencapai standart yang diharapkan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa permainan balok dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun.

Page 1 of 13 | Total Record : 121