JURNAL PENDIDIKAN NUSANTARA INDONESIA
Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Nusantara Indonesia

Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Solusi dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman

Martono, Martono ( Universitas Tanjung Pura)
Purwanti, Eva ( Universitas Tanjung Pura)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2015

Abstract

Ada nilai tambah yang didapat seseorang dalam melakukan kegiatan membaca. Satu diantaranya, orang menjadi luas cakrawala kehidupannya, terbebas dari penjara dunia yang sempit dan terbatas, baik dari segi waktu maupun segi ruang. Melalui membaca dapat diperoleh bermacam-macam ilmu pengetahuan dan informasi lainnya yang cenderung dapat membuka wawasan, pola hidup, dan mengembangkan daya pikir dan daya nalar. Semakin jelaslah bahwa kegiatan membaca merupakan sesuatu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia yang dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Termasuk para siswa, dengan membaca akan dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, serta dapat mengambil manfaat dari berbagai ilmu yang mereka baca tersebut untuk bekal kehidupan mereka di masa yang akan datang. Oleh karena itu, penting diperhatikan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan dan dapat membantu siswa memahami wacana. Dengan menggunakan model yang tepat, siswa dapat memahami apa yang dibaca, walaupun siswa mengalami kesulitan dalam membaca. Ketepatan dalam menggunakan model pembelajaran berpengaruh kepada proses membaca. Model Cooperative Integrated Reading and Composition selanjutnya disingkat CIRC, merupakan satu alternatif model yang dapat digunakan untuk membantu siswa memahami wacana. Apa dan bagaimana, seta langkah-langkanya akan di paparkan dalam artikel ini.Kata Kunci— Pembelajaran, Membaca Pemahaman, CIRC

Copyrights © 2015