Komunikasi aparatur desa terhadap peningkatan Pelayanan publik di desa merupakan faktor penentu pencapaian Kualitas Pelayanan dasar di desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis syarat komunikasi terhadap Pelayanan publik di desa se-Kecamatan Kesamben Blitar dan implementasi fungsi komunikasi terhadap Pelayanan publik di desa se-Kecamatan Kesamben Blitar. Untuk mewujudkan kinerja pemerintah desa yang maksimal dalam meningkatkan Pelayanan publik, maka penting mendapat dukungan dari sumber daya aparatur yang memiliki kemampuan baik secara Kualitas maupun kuantitas, serta adanya ketersediaan sarana dan prasarana dan fasilitas Pelayanan yang memadai. Selain itu, kondisi kantor yang belum representatif, menyebabkan Kualitas Pelayanan belum optimal. Faktor komunikasi juga sangat mempengaruhi efektifitas Pelayanan publik oleh aparatur desa dalam menjalankan tugasnya sehingga menyebabkan tidak berjalannya layanan publik secara optimal. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelayanan publik dalam pengelolaan administrasi di Desa se-Kecamatan Kesamben Blitar belum optimal. Pelayann publik yang tidak optimal di desa se-Kecamatan Kesamben Blitar6disebabkan oleh tidak diterapkannya SOP (Layanan Operasional Standar) yang telah ditetapkan.
Copyrights © 2024