Jurnal Kependidikan Media
Vol 3, No 1 (2014): Perangkat Teknologi

Hubungan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 4 Tallo Kota Makassar

Nurdin, Nurdin ( Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2014

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini adalah bagaiman hubungan teknologi informasi dan komunikasi dengan peningkatan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 4 Tallo Kota Makassar.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model asosiatif. Sampel dari penelitian ini adalah 100 siswa yang diambil dari 6 kelas secara acak. Metode pengumpulan data yaitu melalui angket yang berjumlah 20 butir pertanyaan untuk penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi maupun prestasi belajar.Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang segnifikan antara penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Prestasi Belajar Siswa. Hasil analisis korelasi menunjukan hasi terhitung  0,912 yang berarti penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat berpengaruh secara signifikan dengan Prestasi Belajar siswa SMK Muhammadiyah 4 Tallo Kota Makassar. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien determinan r² sebesar 83%. Artinya hubungan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan peningkatan prestasi belajar siswa memberikan konstribusi sebesar 83% dan 17% dipengaruhi oleh variabel lain.Kata Kunci: penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, peningkatan prestasi belajar

Copyrights © 2014