Jurnal Isu Teknologi
Vol. 10 No. 2 (2015): Jurnal Isu Teknologi

PENGARUH MODIFIKASI DIAMETER KATUP MASUK DAN KATUP BUANG TERHADAP KINERJA PADA SEPEDA MOTOR HONDA 200 CC

Chusnul Azhari (Unknown)
Ogi Samsudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2018

Abstract

Memperbesar diameter katup akan meningkatkan performa pada motor bakar 4 langkah, karena pembesaran diameter tersebut menyebabkan jumlah campuran (bahan bakar dan udara) yang masuk ke silinder akan bertambah sehingga akan meningkatkan efisiensi volumetriknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian menggunakan katup masuk dengan diameter 34 mm dan katup buang dengan diameter 28 mm (modif 1) dan ukuran, katup masuk dengan diameter 36 mm dan katup buang dengan diameter 28mm (modif 2) mempengaruhi unjuk kerja mesin. Torsi tertinggi dihasilkan dengan diameter katup modif 2 sebesar 14.16 N.M pada putaran 5897 rpm dengan Daya tertinggi sebesar 13.5 HP pada putaran 7687 rpm. Dalam penelitian ini penggunaan ukuran katup masuk diameter 36 mm dan ukuran katup buang 28 mm yang terbaik dalam torsi dan daya.

Copyrights © 2015