Jalan Terusan H. Ibrahim Adjie merupakan jalan kolektor primer, termasuk ke dalam tipe jalan 2 lajur 2 arah tak terbagi (2/2Undivided/UD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberadaan PKL pasar di badan jalan terhadap kecepatan kendaraan dan kapasitas jalan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi kausal-komparatif. Survei dilaksanakan selama tiga hari berturut- turut di hari kerja (Senin-Rabu) pada pukul 06.00-09.00 WIB dan pada pukul 12.00-15.00 WIB. Kecepatan kendaraan pada saat ruas jalan terganggu PKL di badan jalan 2,1 km/jam atau lebih rendah dari kecepatan pada saat ruas jalan tidak terganggu PKL di badan jalan 30,14 km/jam. Pada saat ruas jalan terganggu oleh aktifitas pasar dan PKL di badan jalan, volume kendaraan yang melintas sebesar 1634 skr/jam dan kapasitas jalan sebesar 1186 skr/jam dengan nilai V/C sebesar 1,38. Sedangkan saat ruas jalan tak terganggu aktifitas PKL di badan jalan, volume kendaraan yang terjadi 1401 skr/jam dan kapasitas sebesar 2321 skr/jam dengan V/C sebesar 0,60. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu keberadaan PKL di badan jalan menurunkan kecepatan kendaraan sebesar 93% dan penurunan kapasitas sebesar 49%.
Copyrights © 2019