Jurnal Isu Teknologi
Vol. 14 No. 1 (2019): Jurnal Isu Teknologi

PENGARUH MODIFIKASI PULI TRANSMISI OTOMATIS TERHADAP DAYA SEPEDA MOTOR MATIC 125 CC

Muchammad Chusnul Azhari (Unknown)
Nur Bagus Muhamad Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2019

Abstract

Performa dari mesin matic yang lambat berakselerasi dan kurang bertenaga. Alasan inilah yang mendasari penulis untuk meneliti dengan judul “Pengaruh Modifikasi Puli Transmisi Otomatis Terhadap Daya Sepeda Motor Matic 125 cc”. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh modiikasi puli ini terhadap torsi dan daya sepeda motor matic 125 cc. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen sungguhan yaitu untuk membandingkan dua sampel puli yang telah dimodifikasi dengan puli standar. Penelitian dilakukan dengan modifikasi pada bagian puli tidak tetap atau puli geser dan puli tetap dengan merubah sudut kemiringan puli dengan proses masining (bubut) dan mengaplikasikan modifikasi jalur roller pada puli geser dengan menakik ujung seluncuran roller. Pengujian dilakukan dengan cara pengukuran terhadap tiga sampel puli uji dengan alat daynotest yaitu untuk mendapatkan nilai torsi dan daya pada setiap RPM nya. Dari hasil pengukuran didapatkan bahwa pada putaran yang sama di 3750 RPM puli standar sudut 140 menghasilkan daya sebesar 8,8 hp dan torsi 14,76 Nm, puli sudut 14,50 menghasilkan daya sebesar 9,7 hp dan torsi 16,36 Nm, Dan puli sudut 13,50 menghasilkan daya 10,1 hp dan torsi 17,11 Nm. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan sudut puli sangat mempengaruhi torsi dan daya yang dihasilkan.Supaya tidak terjadi slip pada v-belt, modifikasi sudut puli disarankan tidak lebih dari 0,50.

Copyrights © 2019