Persaingan yang semakin ketat untuk usaha mikro, kecil dan menengah dalam ekonomi digital telah menjadi kenyataan seiring dengan perkembangan teknologi. Perkembangan ekonomi digital semakin berkembang berkat kemajuan teknologi di seluruh dunia. Namun, tidak semua UMKM di Indonesia telah mengadopsi konsep digital karena kurangnya pengetahuan, sumber daya, dan infrastruktur untuk mendukung ekonomi digital. Studi ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang peluang dan tantangan bagi UMKM untuk berkembang melalui ekonomi digital. Studi ini menggunakan metodologi tinjauan literatur yang sistematis berdasarkan temuan penelitian dan data yang disediakan oleh lembaga pemerintah. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa agar UMKM berhasil berkembang dalam ekonomi digital dengan memanfaatkan peluang yang tersedia, perhatian perlu diberikan pada faktor-faktor pendukung seperti minat, sikap, dan kemampuan masyarakat untuk menggunakan teknologi digital dan alat komunikasi seperti smartphone, tablet, laptop, dan desktop. Selain itu, tantangan ekonomi digital membutuhkan strategi ekonomi digital. Selain itu, tantangan ekonomi digital memerlukan strategi untuk mengatasinya, yaitu meningkatkan pangsa pasar di luar negeri, meningkatkan kualitas unit produksi dan produk, serta meningkatkan proses pemasaran secara online. Partisipasi pengguna internet sebagai pelanggan, influencer media sosial, dan perantara bisnis menjadi faktor penentu ekonomi digital. Jika UMKM berhasil mengembangkan bisnis mereka, mereka dapat membantu membangun kembali ekonomi Indonesia yang dilanda resesi.
Copyrights © 2023