Jurnal Ilmiah Teknik dan Sains (JITS)
Vol. 1 No. 2 (2023): Desember: Jurnal Ilmiah Teknik dan Sains (JITS)

Pemrograman Sistem Integrasi PLC Logo! Siemens Dan PLC Siemens S7-300 Pada CE 34 Dan CE 35 Project Elevasi 35 PT. Bukit Asam Tbk.

Apriansyah Zulatama (Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam)
Putri Mayang Sari (Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam)
Asni Tafrikhatin (Politeknik Piksi Ganesha Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Ada beberapa jenis PLC yang digunakan oleh PT. Bukit Asam Tbk. dalam mengontrol conveyor contohnya adalah PLC LOGO! Siemens dan PLC Siemens S7-300. Sistem Integrasi PLC pada project elevasi 35 ini terdiri dari PLC Siemens S7-300 yang merupakan server untuk membawahi 2 client yaitu PLC LOGO! di CE 34 dan PLC LOGO! di CE 35, PLC Siemens S7-300 memberikan perintah program kepada CE 34 dan CE 35, CE 34 dan CE 35 menerima program tersebut dan menjalankannya. Selain menerima perintah program, PLC LOGO! Siemens yang ada di lapangan mengirimkan data berupa safety device dan signal running motor conveyor ke PLC Siemens S7-300. Program yang ada pada Siemens S7- 300 menggunakan bahasa pemrograman Ladder diagram dibuat dengan Software simatic manager, program yang dibuat berfungsi untuk mengontrol PLC LOGO! Siemens pada CE 34 dan CE 35 yang ada di lapangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JITS

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Teknik dan Sains (JITS) adalah sebuah jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Teknik dan Sains namun tak terbatas secara implisit. Jurnal Ilmiah Teknik dan Sains (JITS) merupakan jurnal elektronik dan cetak yang ...