JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 2 (2018): August 2018

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 PEKANBARU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Delfanida Delfanida (SMP Negeri 26 Pekanbaru Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2018

Abstract

Keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Pekanbaru masih perlu ditingkatkan. Dari jumlah 36 siswa, terdapat beberapa siswa yang kurang yakin untuk mengungkapkan idenya melalui kegiatan menulis. Dilihat dari faktor internal, kurangnya minat siswa menyebabkan naskah drama yang dihasilkan kurang maksimal. Lemahnya keterampilan menulis naskah drama siswa juga dapat disebabkan oleh minimnya dan kurang efektif penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, serta peningkatan keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Pekanbaru setelah diberikan pembelajaran menggunakan media audio visual berupa video pementasan drama, video klip, power point contoh naskah drama. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pembelajaran peningkatan keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Pekanbaru setelah diberikan pembelajaran menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis naskah dramasiswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Pekanbaru.Dari hasil penelitian diketahui skor keterampilan menulis naskah drama rata-rata kelas pada siklus I, nilai rata-rata siswa menjadi 73,61. Setelah dilakukan tindakan siklus II Skor rata-rata kelas pada tes siklus II mencapai 79,86dengan kategori baik dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan minima

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...