JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 2 (2018): August 2018

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 1 PASIR PENYU MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER

Eva Budi Eftila (SMA Negeri 1 Pasir Penyu, Indragiri Hulu, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan film dokumenter sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar Sejarah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Pasir Penyu.Penelitian tindakan kelas ini mengambil setting di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Pasir Penyu dengan jumlah siswa 40 siswa. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu digunakan terhadap data kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan siswa selama berlangsungnya pembelajaran di kelas, dan analisis kuantitatif yang digunakan terhadap hasil tes belajar.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Melalui penggnaan media Film Dokumenter dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Pasir Penyu. Rata-rata aktivitas siswa mencapai 70% pada siklus 1. Pada siklus 2 aktivitas siswa meningkat dengan rata-rata 80% dalam kategori tinggi. Siswa lebih aktif dalam bertanya, menjawab, memberikan pendapat, berinteraksi dengan kelompok dan bekerjasama kelompok.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...