JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 1 (2019): April 2019

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn KELAS IV TEMA PAHLAWAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI SD NEGERI 1 BENGKALIS

Suriyati AF (Guru SD Negeri 1 Bengkalis, Bengkalis, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah metode Role Playing dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn pada siswa kelas IV C SD Negeri 1 Bengkalis Kabupaten Bengkalis; (2) mendiskripsikan langkah- langkah penerapan metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas IV C SD Negeri 1 Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Playing pada pembelajaran PPKn dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas IV C SDN Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar PPKn. Secara produk hasil belajar PKN terlihat dari meningkatnya hasil belajar siswa dan mencapai kriteria keberhasilan yaitu 75% siswa mendapat nilai ? 70 yang diukur dengan soal tes pada akhir siklus. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar PKN

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...