JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 1 (2019): April 2019

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PRAKTEK PEMBUBUTAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN BIMBINGAN INDIVIDUAL PADA SISWA KELAS XI TP2 TEKNIK PEMESINAN SMK N 1 BANGKINANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Irdam Irdam (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bangkinang, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2019

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan data yang ada penulis melihat ada gejala atau hal yang membuat hasil belajar praktek membubut pada kelas XI belum mendapatkan hasil yang baik sehingga perlu ditingkatkan. Penelitian ini penulis melakukan penelitian Tindakan Kelas dengan melaksanakan siklus pembelajaran yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Setelah dilaksanakan siklus pembelajaran 1 direfleksi ternyata pada siklus I hasil belajar praktek siswa baru mencapai 54% dan kekurangan yang ada pada siklus I untuk dilaksanakan pada siklus II. Setelah dilakukan siklus I ternyata telah memenuhi target yaitu siswa yang nilai 71 telah mencapai 87%. Dilihat dari akhir siklus 2 maka dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan hasil belajar praktek siswa pembuatan arbor dengan metode pembelajaran langsung pada siswa kelas XI Program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 1 Bangkinang telah mencapai target yang diinginkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...