JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 1 (2019): April 2019

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA KELAS X IPA-2 SMA NEGERI 1 PASIR PENYU TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

R.A Endan Ratnawati (Guru SMA Negeri 1 Pasir Penyu Indragiri Hulu, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2019

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena dilator belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi, dan bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Pasir Penyu tahun pelajaran 2018/ 2019. Yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA -2 SMA Negeri 1 Pasir Penyu Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 32 siswa dengan komposisi 12 laki-laki dan 20 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes sebagai ulangan harian. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi/ matematika pada kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Pasir Penyu Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...