JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 1 (2019): April 2019

PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR BAHASA INDONESIA MEMBACA DAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU SISWA KELAS VI

Zurliati Zurliati (Guru SD Negeri 51 Bengkalis, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya kemampuan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia membaca dan menulis. Dari hasil ulangan harian Siswa hanya terdapat 46% yang tuntas. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan kurang tepatnya guru memilih strategi/ metode yang sesuai dengan materi, guru kurang membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan tugas, kurangnya penekanan terhadap penjelasan konsep pelajaran. Sehingga murid kurang lancar membaca dan menulis. Dampak dari gejala tersebut berakibat pada hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Sehubungan dengan permasalahan di atas melalui penelitian peningkatan kemampuan belajar Bahasa Indonesia membaca dan menulis melalui model pembelajaran terpadu siswa kelas VI SDN 35 Pematang Duku merupakan cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Skope penelitian ini adalah Classroom Action Research, yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas atau sekolah tempat peneliti mengajar, konsep pokok penelitian tindakan yaitu a) perencanaan (planning), b) tindakan (acting), c) pengamatan (observing), d) refleksi (reflecting). Pelaksanaan penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus dua pertemuan dan di fokuskan tentang penerapan model pembelajaran terpadu membaca dan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif terpadu memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar Bahasa Indonesia tentang membaca-menulis siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklusnya, yaitu dari 46% menjadi 100%

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...