Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Shafira Baroroh (Universitas Riau)
Jesi Alexander Alim (Universitas Riau)
Zetra Hainul Putra (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 SD IT As-Syafi’iyah Pekanbaru menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) menghasilkan produk yang konkrit yang menggambarkan pecahan dari kertas karton dan origami. Penelitian ini menggunakan desain dari Kemmis dan McTaggart, terdapat 4 tahap di dalam satu siklus seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data hasil belajar matematika yaitu dengan memberikan 20 soal pilihan ganda setelah dilakukan model PjBL, observasi kegiatan pembelajaran peserta didik dan guru selama pembelajaran berlangsung. Teknik analisis menggunakan kuantitatif deskriptif. Nilai pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 40,90%, hasil tersebut belum memenuhi nilai KKM yang ditetapkan sebesar 75%. Kemudian, pada siklus II menunjukkan persentase sebesar 90,90%, hasil tersebut telah memenuhi nilai KKM yang telah ditetapkan sebesar 75%. Secara umum, model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 khususnya di SD IT As-Syafi’iyah Pekanbaru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...