Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPAS di SDS Cendana Duri

Mauliatun Nisa (Universitas Riau)
Jesi Alexander Alim (Universitas Riau)
Zetra Hainul Putra (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS siswa kelas 4 SDS Cendana Duri Tahun Pelajaran 2023/2024 sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Siswa kelas 4 SDS Cendana Duri berjumlah 36 siswa yang dijadikan sebagai sampel dan populasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pre-eksperimental dengan tipe One Group Pre-test dan Post-test Design. Analisis data berupa data kuantitatif yaitu perhitungan rata-rata nilai pre-test post-test, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji one sample T-test menggunakan Teknik one samples test dengan bantuan SPSS. Adapun hasil penelitian yaitu kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS sebelum menggunakan model pembelajaran TGT nilai rata-rata sebesar 82,3055 dan kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan model TGT nilai rata-rata 90,7777 maka hasil analisis data one sample T-test menggunakan Teknik one samples test diperoleh hasil t hitung 90,122 > t tabel 1,66 dan nilai signifikan pada kolom Sig.(2-tailed) 0,000<0,05 (0,000 < 0,05). maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS siswa kelas 4 SDS Cendana Duri Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan menggunakan model pembelajaran TGT.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...