Damhil Education Journal
Vol 4, No 1 (2024)

PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA BAGI KARIR CALON LULUSAN TEKNIK KIMIA

Steven Daniel Sijabat (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Iyan Iyan (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dinda Fatimah Azzahra (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Farah Fauzia (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Beauty Aprillia (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ismi Ari Fitria (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dessy Agustina Sari (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2024

Abstract

Era globalisasi telah membuat persaingan dalam mencari pekerjaan menjadi sulit. Meningkatnya jumlah lulusan dan juga meningkatnya kebutuhan perusahaan telah mengakibatkan banyaknya pengangguran. Keterampilan dan pengalaman adalah hal yang diinginkan oleh perusahaan. Banyak lulusan baru yang mengalami kebingungan untuk menentukan karir apa yang akan ditekuni. Metode yang digunakan dalam naskah ini adalah dengan menggunakan studi literatur melalui pengumpulan data dari artikel-artikel di jurnal nasional maupun internasional untuk mendukung topik dan tujuan penulisan. Hasil dari hal ini adalah masih banyak yang hanya sekedar melamar namun tidak memiliki kemampuan atau passion terhadap bidang tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mempersiapkan lulusan teknik kimia dalam berkarir dengan memberikan pelatihan dan pengembangan diri. Pelatihan yang dapat mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan pekerjaan dan profesi bagi lulusan teknik kimia antara lain pelatihan Aspen Hysys, AutoCAD, ISO, K3, kemampuan bahasa asing khususnya bahasa Inggris, dan sejenisnya. Calon pelamar, selama menjadi mahasiswa, telah mengikuti pelatihan jauh sebelum kelulusan. Kegiatan ini terus berlanjut setelah menyandang status fresh graduate. Para calon lulusan sebelum berkarir telah memiliki modal pengetahuan untuk lebih percaya diri dan termotivasi untuk bersaing dengan para fresh graduate lainnya dalam mencari bahkan meniti karir.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

DEJ

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Damhil Education Journal with E-ISSN 2776-2505 (Online), P-ISSN 2776-8228 is published by the Education Study Program of the Postgraduate Doctoral Program at Gorontalo State University. Damhil Education Journal is an e-journal as a publication media for academics, researchers, and practitioners in ...