Best practice pembelajaran merupakan salah satu karya tulis yang berisi praktik baik dalam melakukan aktivitas pembelajaran. Best practice dapat dijadikan sebagai bahan refleksi oleh para guru untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun demikian, belum semua guru mampu menyusun best practice pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para dalam guru menyusun best practice pembelajaran. Para guru yang mengikuti kegiatan pelatihan ini sebanyak 28 guru dari Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 3 Bekasi Raya. Metode pelatihan penyusunan best practice pembelajaran yang digunakan adalah metode STAR, yaitu akronim dari kata (S) situasi, (T) tantangan, (A) aksi, dan (R) refleksi. Deskripsi best practice pembelajaran yang dibuat oleh para guru mengacu pada beberapa pertanyaan, yaitu metode apa digunakan dalam melangsungkan pembelajaran, tantangan apa saja yang ditemui dalam melangsungkan pembelajaran, bagaimana aksi yang dilakukan untuk melangsungkan serta menghadapi berbagai tantangan pembelajaran, dan bagaimana refleksi pembelajaran yang telah dilangsungkan. Pelatihan yang telah dilangsungkan dapat meningkatkan kompetensi para guru dalam menyusun best practice pembelajaran. Rata-rata kemampuan para guru dalam menyusun best practice pembelajaran sebesar 8,71 (sangat baik). Rata-rata tingkat kepuasan para peserta sangat tinggi, yaitu sebesar 87,95. Pelatihan ini dapat menjadi salah satu alternative dalam meningkatkan kompetensi para guru.
Copyrights © 2023