JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODA PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING di KELAS X TEKNIK PEMESINAN di SMKN 1 BANGKINANG

Reni Sopinal (SMK Negeri 1 Bangkiang Kota Jl. Tuanku Tambusai No. 20 Kec. Bangkinang Kota Kab. Kampar)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Metoda Pembelajaran Discovery Learning di Kelas X Teknik Pemesinan SMKN 1 Bangkinang . Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah melalui Metoda Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMKN 1 Bangkinang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini Kelas X Teknik Pemesinan SMKN 1 Bangkinang yang berjumlah 36 orang dan objek penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Metoda Pembelajaran Discovery Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk esay. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 20 siswa yang tuntas (55,56%) dan yang belum tuntas 16 siswa (44,44%), sedangkan pada siklus II yang tuntas menjadi 28 siswa (77,78%) dan yang belum tuntas 8 siswa (22,22%) dengan peningkatan nilai Rata-rata kelas siklus I = 66,52 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas = 73,06 yang mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Melalui Metoda Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMKN 1 Bangkinang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...