JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH

Emi Yuniara (Sekolah Dasar Negeri 05 Barulak, Tanjung Baru Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 05 Barulak, sehingga dibutuhkan upaya untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe index card match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis lembar motivasi belajar siswa, dalam bertanya pada siklus I didapati rata-rata klasikal 33,33% mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata klasikal 77,09%, dalam bertanya dan menanggapi pertanyaan pada siklus I dengan rata-rata klasikal 39,59% meningkat pada siklus II dengan rata-rata klasikal 79,17%, dalam meningkatkan kedisiplinan pada siklus I dengan rata-rata klasikal 83,34% meningkat pada siklus II dengan rata-rata klasikal 87,5%. Angket motivasi siklus I didapati rata-rata klasikal 65,03%, meningkat pada siklus II dengan rata-rata klasikal 67,69%.Dari hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 05 Barulak setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe index card match.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...