JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II PADA MATERI POKOK PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI METODE DEMONSTRASI

Khairul Mardiah (SD Negeri 11 Barulak, Tanjung Baru, Tanah Datar Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Hasil yang diperoleh dalam evaluasi belajar adalah sebagian besar siswa memperoleh nilai kurang. Hal ini tercermin dalam pencapaian nilai yang diperoleh siswa di SD Negeri 41 Aua Barulak, khususnya dalam pengembangan konsep penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswakelas II SD Negeri 41 Aua Barulak pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah melalui penggunaan metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan metode demonstrasi dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas II SD Negeri 41 Aua Barulak. Hal ini dapat dilihat pada hasil tes tiap siklus, yaitu pada siklus I sebanyak 8 siswa telah mencapai nilai KKM atau sebesar 66,67% yang kemudian meningkat pada siklus II sebanyak 11 siswa telah mencapai nilai KKM atau sebesar 91,67%. Dengan demikian, metode demonstrasi berhasil meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...