Berdasarkan observasi peneliti terhadap siswa kelas III SD Negeri 11 Batabuah Koto Baru Kecamatan Candung Kabupaten Agam memberikan pembelajaran menulis lebih banyak teori daripada melatih keterampilannya. Selain itu guru dalam menyampaikan pelajaran masih menggunakan metode yang tidak bervariasi. Sehingga yang terjadi di kelas siswa duduk tidak aktif sedangkan guru berdiri di depan kelas menjelaskan materi pelajaran. Untuk itu diperlukan sebuah strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi. Agar proses pembelajaran dapat berhasil dengan baik, siswa sebaiknya diajak untuk memanfaatkan semua alat inderanya. Penelitian ini akan menggunakan media gambar seri dalam upaya meningkatkan keterampilan menyusun paragraf narasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media gambar seri dalam kegiatan menyusun paragraf narasi dapat meningkatkan keterampilan menyusun paragraf narasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai menyusun paragraf narasi siswa pada siklus II lebih baik dibandingkan dengan siklus I, nilai siklus I yaitu 75,4 sedangkan nilai siklus II yaitu 82,6.
Copyrights © 2020