Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Guru dalam menyusun Soal Ujian Akhir Semester masih mengabaikan unsur validitas logis butir soal baik untuk soal pilihan ganda maupun soal uraian. Selain itu, soal yang dijadikan soal UAS diambil dari buku, bank soal pegangan guru, dan soal UAS tahun sebelumnya yang kualitas soalnya belum diketahui. Data yang di dapatkan dari guru matematika SD Negeri 005 Binuang bahwa soal yang digunakan untuk Ujian Akhir Semester belum pernah dianalisis, sehingga dilihat dari segi karakteristik penilaian butir soal kualitasnya belum diketahui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal ujian akhir semester yang dibuat oleh guru mata pelajaran matematika dilihat dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan penggunaan distraktor. Penelitian ini juga bertujuan agar siswa diberikan soal yang sesuai dengan materi serta benar-benar dapat mengukur kemampuan matematika siswa. Subjek penelitian yang diambil yaitu siswa SD negeri 005 Binuang semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 5 kelas yaitu kelas I sampai kelas V. Objek penelitiannya dalah soal ujian akhir semester (UAS) mata pelajaran matematika, kunci jawaban dan jawaban peserta tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yaitu: soal, kunci jawaban, dan jawaban peserta tes. Soal yang diambil adalah soal UAS matematika siswa kelas SD Negeri 005 Binuang kelas I sampai kelas V. Kunci jawaban yang digunakan adalah kunci jawaban soal UAS matematika siswa kelas I sampai kelas V yang sudah dibuat oleh guru, namun untuk memperkuat keyakinan kunci jawaban akan di cek lagi oleh peneliti. Jawaban peserta tes yang dimaksud adalah lembar jawaban peserta yang ikut ujian UAS mata pelajaran matematika kelas I sampai kelas V. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan program SPSS. Untuk mengetahui tingkat validitas tes, realibilitas tes, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keefektifan penggunaan diskraktor.
Copyrights © 2020