Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis efektivitas permainan bingo dalam menstimulasi kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Berdasarkan fenomena yang ditemukan di lapangan bahwa pada rentang usia 5-6 tahun masih kurang dalam memahami konsep bilangan itu sendiri. Hal itu terjadi saat proses belajar sambil bermain yang diterapkan didalam kelas. Fenomena yang terjadi membuat anak terlihat sangat kesulitan dalam menyelesaikan suatu kegiatan yang berhubungan dengan bilangan. Pengenalan konsep bilangan merupakan bagian dari kognitif yang sangat penting untuk perkembangan intelegensi anak. Anak yang cerdas dalam bidang tersebut, merupakan aset utama yang dapat mengembangkan banyak hal dalam hidupnya, salah satu adalah pemecahan masalah. Pengenalan konsep bilangan yang diberikan kepada anak tidak dapat dilakukan secara abstrak dan terpaksa, oleh karena itu dilakukan dengan permainan. Permainan bingo merupakan sebuah kata yang diteriaki saat permainan selesai tahap demi tahap. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode studi literatur. Teknik pengumpulan data berupa sumber primer dengan menelaah buku referensi dan jurnal ilmiah yang relevan. Hasil penelitian adalah permainan bingo efektif dalam meningkatkan pengetahuan anak, menciptakan suasana pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan, mendorong aktif dan berpikir serta menstimulasi berbagai aspek secara terintegrasi
Copyrights © 2020