Menulis merupakan kegiatan yang sangat penting dalam pendidikan maupun dalam kehidupan. Dalam proses pembelajaran menulis tidak pernah terlepas dalam kegiatan belajar. Setiap mata pelajaran pasti mewajibkan siswa menunjukkan kemampuan menulis. Kemampuan menulis merupakan proses atau aktivitas untuk memperoleh hasil dalam menuangkan isi pikiran, kreativitas, ide, gagasan dalam bentuk tulisan. Dengan kemampuan menulis seseorang mampu memberikan informasi kepada pembaca. Namun kemampuan menulis siswa yang rendah dapat memberikan pengaruh kepada aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Sebab dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, pendidik dapat mengetahui kemampuan pemahaman siswa memahami isi dan materi belajar siswa, karena salah satu tujuan menulis ialah memahami isi bacaan. Untuk itu sangat diperlukan rancangan pembelajaran berupa model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Model kooperatif tipe Round Table merupakan salah satu medel yang tepat digunakan untuk meningkatkat kemampuan menulis siswa. Model kooperatif tipe round table merupakan kegiatan belajar siswa dengan kelompok masing-masing anggota mendapatkan kesempatan untuk memberikan kontribusi, sehingga semua siswa ikut terlibat aktif menuangkan kreatifitas ide dan gagasannya kedalam bentuk tulisan. Model kooperatif tipe round table dapat digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia anak didik. Dalan kegiatan pembelajaran kelompok ini tiap anggota kelompok berpatisipasi dan memberi kesempatan pada setiap anggota dapat menyumbangkan pikirannya secara bergiliran untuk memecahkan masalah yang ada dalam bentuk tulisan.
Copyrights © 2020