JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020

Pengembangan Media e-Ma Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Jaring-jaring Bangun Ruang Kelas 5 SD

Renita Eka Murti (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana)
Yohana Setiawan (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini merupakah hasil dari empat tahap pertama RnD yang dikembangkan dari kerangka RnD Borg and Gall dan pengembangan produk dengan ADDIE. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat validitas produk yang dikembangkan. Teknik penelitian menggunakan kuesioner berdasakan skala Likert dan validasi ahli dalam masing-masing bidang sedangkan instrumen yang digunakan adalah instrumen keterampilan berpikir kreatif menurut Moma untuk mengetahui atau mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa saat menggunakan produk e-Ma. Hasil dari penelitian pengembangan produk ini memiliki tingkat validitas yang baik, berdasarkan validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 83.36% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli matematika SD memperoleh presentase sebesar 75% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi dari pendidik memperoleh presentase sebesar 85.90% dengan kategori sangat layak. Hal ini menunjukan jika pengembangan produk e-Ma sudah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada materi jaring-jaring bangun ruang serta mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...