JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 2 (2020): August 2020

Penerapan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik (Studi Literatur)

Riqqah Annisa Maharani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)
Reinita Reinita (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2020

Abstract

Aktivitas yaitu kegiatan yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Menumbuhkan aktivitas belajar merupakan suatu teknik dalam meningkatkan pembelajaran yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Kooperatif tipe Course Review Horay terhadap aktivitas belajar peserta didik. Model ini merupakansalah satu tipe dari model kooperatifyang mana kegiatan pembelajarannyayang memungkinkan peserta didik ke sebagian kelompok-kelompok kecil. Dan juga merupakan sebuah percobaan yang akan dilakukan terhadap pengetahuan konsep peserta didik dengan menggunakan kotak yang diisi dengan soal serta diberi nomor untuk menuliskan jawabannya. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis metode studi literatur (library research), melalui kajian kepustakaan untuk memperkuat analisis dari berbagai sumber yang digunakan. Penelitian ini diawali dengan merumuskan masalah dan dilanjutkan dengan menganalisis hasil penelitian yang relevan. Pengumpulan data dalam studi literatur ini dilakukan dengan memerlukan hasil non tes yaitu dapat menelusuri jurnal melalui Google scholar dan beberapa referensi seperti buku, skripsi dan lain sebagainya.Penelitian diawali dengan cara merumuskan review serta batasan variabel yang ditetapkan. Jurnal ini dapat kita telusuri dengan menggunakan kata kunci yaitu Kata kunci Model Course Review Horay, akivitas belajar. Dari beberapa hasil penelitian yang relevan menunjukkan bahwa Model tersecut efektif terhadap aktivitas belajar peserta didik, terlihat dari hasil penilaian perencanan, aspek guru, aspek peserta didik, serta hasil belajardengan persentase peningkatan yang berbeda-beda disetiap penelitiannya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...