JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Sekolah Dasar

Quratul Aini (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)
Rahmatina Rahmatina (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Kooperative tipe Course Review Horay di kelas IV SD Negeri 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan 18 siswa kelas IV SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a) Rata-rata RPP siklus I 77,87% (baik) dan siklus II 94,44% (sangat baik). b) Rata-rata pelaksanaan aspek guru siklus I 78,75% (baik) dan siklus II 97,22% (sangat baik), sedangkan dari aspek siswa siklus I adalah 73,28% (cukup) dan siklus II 97,22% (sangat baik). c) Hasil belajar siswa siklus I, 71,63, meningkat pada siklus II yaitu 82,22 .Dengan demikian model Cooperative Learning tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...