Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Multi Situs Pada SD Inpres Tateli Dan SD Gmim Buloh)

Siska Saselah (Universitas Negeri Manado)
Tinneke E. M. Sumual (Universitas Negeri Manado)
Paulus Tuerah (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Perencanaa pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar anak pada SD INPRES Tateli dan SD GMIM Buloh. 2) Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar anak pada SD INPRES Tateli dan SD GMIM Buloh. 3) Evaluasi pembelajaran dan meningkatkan hasil belajara pada SD INPRES Tateli dan SD GMIM Buloh. 4) Dampak manajemen kelas terhadap hasil belajar anak di SD INPRES Tateli dan SD GMIM Buloh. Penelitian tentang manajemen kelas dalam meningkatkan hasil belajar pada SD INPRES Tateli dan SD GMIM Buloh menggunakan pendekatan kualitatif karena memenuhi corak penelitian kualitatif. Penelitian ini telah dilakukan di SD INPRES Tateli dan SD GMIM Buloh, yang lokasinya berada di desa Tateli dan buloh, kec. Mandolang, kab. Minahasa. Penelitian ini dilaksanakan dalam kurun waktu 2 bulan. Data adalah keterangan tau bahan nyata yang dapat dijadikan bahan kajian (analisa dan kesimpulan). Data yag dikumpulalkan dalam penelitian ini adalah sesuai dengan focus penelitiannya yaity Manjemen Kelas, peneliti mengumpulkan data sebanyak mungkin mengenai perencanaan, pelaksanaa, hingga evaluasi dalam manajemen kelas SD INPRES Tateli dan SD GMIM Buloh. Berdasarkan hasil penelitian, temuan dan pembahasan maka penulis menyimpulakn sebagai berikut : 1). Perencanaan pembelajaran pada SD Inpres Tateli maupun di SD GMIM BULOH, bertolak dari dokumen – dokumen kurikulum sekolah terutama RPPH dengan menetapkan tema, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran sampai kepada penggunaan metode serta teknik penilaian, RPPM, program tahunan dan program semester serta disesuaikan dengan kebijakan sekolah untuk melangsungkan pembelajaran tatap muka langsung. 2). Pelaksanaan pembelajaran pada SD Inpres Tateli maupun di SD GMIM BULOH, diwujudkan pada setiap kegiatan pembelajaran, mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, tetapi juga melalui pengelolaan pendidikan karakter dalam kegiatan-kegiatn lain. Pelaksanaan pembelajaran dipantau oleh kepala sekolah masing-masing. 3). Evaluasi pemebelajara di SD Inpres Tateli maupun di SD GMIM BULOH, bertolak dari hasil supervise kepala sekolah maupun pengawas serta dalam rapat rapat guru. Adapun evliasi pembelajaran dilakukan setiap hari, melalui teknik penilaian observasi, unjuk kerja, pemberian tugas dan portofolio yang berisi hasil karya pada kedua sekolah terlihat nyata dalam hasil belajar para peserta didik. 4). Dampak manajemen kelas yang baik akan membuat hasil belajar peserta didik meningkat dan berkembang kea rah yang lebih baik pula.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...