Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII di SMP Negeri 7 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2023/2024

Mawar Nurjanah Ompusunggu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Sotarduga Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Anggun Tiur Ida Sinaga (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat Pengaruh Konsentrasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2023/2024. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian retrospektif (ex-post facto). Hasil penelitian dapat mendeskripsikan seberapa besar pengaruh konsentrasi belajar (X1), lingkungan belajar di sekolah (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y). Populasi yang peneliti gunakan yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pematang siantar yang berjumlah 288 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik Random Sampling. Sampel diambil dari populasi siswa di sekolah SMP Negeri 7 Pematang Siantar untuk mengukur besaran sampel yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data adalah penelitian yang dimaksudkan untuk memperoleh data primer. Setelah semua kegiatan yang dilakukan selesai, proses selanjutnya adalah “menganalisis data”. Analisis data adalah proses penyederhanaan dan penyajian data dengan menggelompokkannya sedemikian rupa sehingga lebih mudah dibaca. Ada dua tujuan analisis data, yaitu merangkum dan mendeskripsikan data. 3. Konsentrasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar diperoleh bahwa nilai Fhitung (3.6369) lebih besar dibandingkan dengan nilai Ftabel (2.66). Nilai koefisien determinasi R Square pada tabel 4.8 diketahui sebesar 0,43. Yang berarti 43% variabel konsentrasi belajar dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di sekolah SMP Negeri 7 Pematang Siantar. Sedangkan 57% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...