Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Keterampilan Guru Kelas Dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III di SDN Bojonggede 04

Rahmawati Rahmawati (Universitas Ibn Khaldun)
Salati Asmahasanah (Universitas Ibn Khaldun)
Suhendra Suhendra (Universitas Ibn Khaldun)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru kelas dalam menerapkan keterampilan mengadakan variasi pada pembelajaran tematik di kelas III SDN Bojonggede 04, kemudian untuk mengetahui hambatan yang guru alami saat penerapan keterampilan variasi serta solusi guru dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah guru kelas III SDN Bojonggede 04. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) guru sudah melaksanakan beberapa keterampilan variasi pada pembelajaran tematik yaitu keterampilan gaya mengajar seperti variasi suara, memusatkan perhatian, mengadakan kontak pandang, variasi gerakan badan, mengubah posisi, serta variasi pola interaksi, 2) guru masih kurang kreatif dalam penggunaan variasi media pembelajaran sehingga pembelajaran terkesan monoton, 3) pola interaksi antara guru dan siswa berjalan cukup baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...