Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengembangan Aplikasi E-Commerce Berbasis Website Untuk Pengelolaan Sampah Berkelanjutan: Studi Kasus Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon Menggunakan Metode Extreme Programming (XP)

Athsel Walangitan (Universitas Negeri Manado)
Parabelem Tinno Dolf Rompas (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Sampah menjadi permasalahan serius di Indonesia, negara ini menjadi produsen sampah plastik terbesar kedua di dunia. Meskipun upaya telah dilakukan untuk mengelola 3,2 juta ton sampah plastik setiap tahunnya, masih diperlukan solusi pengelolaan sampah yang efektif. Implementasi prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 81/2012 telah menghasilkan inisiatif seperti pendirian bank sampah, seperti yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon. Namun, manajemen pemasaran produk daur ulang melalui pameran lokal dan dari mulut ke mulut belum optimal. Penelitian ini mengatasi tantangan pemasaran yang dihadapi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon, mengusulkan solusi melalui pemanfaatan teknologi dalam bentuk platform e-commerce. Aplikasi ini menggunakan metodologi Extreme Programming (XP), berfokus pada adaptabilitas dan responsivitas terhadap kebutuhan proyek e-commerce yang cepat berubah. Pendekatan berbasis web memudahkan aksesibilitas dan pembaruan di masa depan, memastikan sistem tetap responsif terhadap kebutuhan pengguna yang berkembang. Penelitian ini diakhiri dengan pengembangan situs e-commerce yang dirancang khusus untuk Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon, bertujuan untuk menyederhanakan pemasaran produk daur ulang dan memberikan kontribusi terhadap pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...