Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Pemecahan Masalah Ipa Siswa Kelas IV SDN 3 Loyok

Lia Rismawati (Institut Pendidikan Nusantara Global)
Muh. Jaelani Al-Pansori (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Tujuan Penelitian  ini untuk mengetahui skenario dan implimentasi pemecahan masalah  IPA dengan menggunakan model PjBL, respon guru dan siswa, serta  kesulitan-kesulitan yang dialami siswa. Metode penelitian yang  digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah  siswa kelas IV SDN 3 Loyok dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri  14 orang siswa perempuan dan 17 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian  menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran ketika  diterapkannya model PjBL. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa  hasil penelitian menujukan skenario dan implementasi pembelajaran  ditunjukan dengan hasil skor rata-rata guru 77,89% dan siswa sebesar  78,33% yang termasuk kategori baik, respon guru memperoleh 82%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...