Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Pada Mata Pelajaran IPA Di SD Negeri 124394 Pematangsiantar

Friendyco Pardamean Nainggolan (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Yanti Arasi Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Aprido Bernando Simamora (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA di Negeri 124394 Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif Pre-Experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD di SD Negeri 124394 Pematangsiantar yang berjumlah 41 orang. Instrumen penelian ini adalah test berupa pilihan ganda yang berisi 20 soal. Setelah Analisa data didapati bahwa thitung adalah 34,25 dengan ttabel adalah 2,021 dengan α= 0,05. 2 tailed, dengan degree of freedom (df) adalah N-1 yakni 40-1= 39. Berdasarkan Analisa data staistika dapat dijabarkan bahwa Ada PEngaruh signifikan pada hasil belajar siswa kelas V SD pada mata Pelajaran IPA di SD Negeri 4 Pematangsiantar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...