Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Bintang Laut Tobelo

Yeni Katemung (Universitas Hein Namotemo)
Sahrestia Kartianti (Universitas Hein Namotemo)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling dapat meningkatkan Disiplin Belajar Siswa SMP Bintang Laut Tobelo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian secara kuantitatif. Hasil penelitian melalui skala disiplin belajar terhadap 29 siswa di SMP Bintang Laut Tobelo, menunjukan bahwa terdapat 10 siswa dengan disiplin belajar pada kategori tinggi, 5 siswa pada kategori sedang dan 14 siswa pada kategori rendah. Hasil data Pretest menunjukan bahwa rata-rata disiplin belajar siswa yang menjadi sampel penelitian yaitu sebesar 67,4, sedangkan hasil data Posttest menunjukan bahwa rata- rata disiplin belajar siswa sebesar 96,9 dengan selisih 29,5. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired t-test menunjukan bahwa hasil nilai signifikan yaitu sebesar 0,000. Hal ini menunjukan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya bimbingan kelompok dengan teknik modeling dapat meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIII SMP Bintang Laut Tobelo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...